Maag Tetap Puasa? Tak Masalah, Asal Tahu Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi | Breaktime
Maag Tetap Puasa? Tak Masalah, Asal Tahu Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi
26.06.2015

Berpuasa Ramadan bagi umat Islam hukumnya wajib ya, B’timers. Namun, banyak orang yang memiliki penyakit maag malah takut menjalankan ibadah puasa. Padahal, menurut Dr Ari H Fahrial dari Universitas Indonesia, puasa justru bisa menyembuhkan penyakit maag secara sempurna.

Pada dasarnya, semua orang yang memiliki penyakit maag dapat mengerjakan puasa seperti biasa asal lebih memperhatikan pilihan makanan yang dikonsumsi. Nah, B’timers ingin tahu makanan apa saja yang harus disantap dan dihindari oleh penderita maag saat sedang berpuasa? Ini dia informasinya:

Makanan yang harus dihindari

Hindari citrus fruits seperti halnya jeruk
Hindari citrus fruits seperti halnya jeruk

Saat sahur atau berbuka, hindari makanan yang mengadung banyak gas yang bisa memicu naiknya asam lambung dengan cepat. Contohnya saja sawi, kol, pisang ambon, kedondong, dried fruits, dan juga minuman bersoda. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang dapat merusak dinding lambung, contohnya saja makanan berasa asam (cuka dan citrus fruits), bumbu-bumbu pedas (cabai dan lada), serta berbagai makanan yang mengandung kafein, contohnya kopi, soda, dan juga teh.

Makanan yang perlu dikonsumsi

Madu dan kurma baik dikonsumsi penderita maag
Madu dan kurma baik dikonsumsi penderita maag

Untuk menjaga asam lambung tetap stabil, pilihlah makanan yang membutuhkan proses lama untuk dicerna, seperti beras merah dan juga kentang. Selain itu, pilih hidangan manis seperti kurma ataupun madu. Kedua bahan tersebut sangat kaya glukosa, serat, karbohidrat, potasium dan juga magnesium.  Selain itu, perbanyak asupan air putih agar tubuh tetap terhidrasi ketika berpuasa.

Nah, mulai sekarang jangan takut untuk berpuasa ya, B’timers! Selama bisa mengatur dan memilih asupan makanan, dijamin maag tak akan kumat.

Share This Article