Lepas Kacamata Bikin Minus Makin Parah, Benarkah? | Breaktime
Lepas Kacamata Bikin Minus Makin Parah, Benarkah?
03.09.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah



Dalam penjelasan mudah, miopi atau yang sering kita sebut sebagai mata minus adalah sebuah gangguan refraktif pada mata yang membuat refleksi obyek pada retina tidak dapat diproyeksikan dengan baik. Hal ini membuat obyek tersebut tampak buram atau tidak fokus yang tentu saja mengganggu penglihatan.

Dan kacamata bukanlah ‘obat’ yang bisa menyembuhkan mata minus. Kacamata hanyalah sarana yang membantu penderita mata minus untuk melihat suatu obyek dengan lebih jelas. Lalu bagaimana  dengan anggapan bahwa minus akan semakin bertambah jika tak memakai kacamata? Hal ini tentu saja salah ya, B’timers.

Para ahli mengungkapkan bahwa yang membuat minus bertambah adalah kebiasaan buruk yang dilakukan terus-menerus, seperti membaca dengan posisi tidur dan di ruangan yang minim cahaya, atau sering menonton televisi dalam jarak dekat. Berada di layar laptop dalam waktu yang sangat lama juga bisa memperburuk kondisi mata minus.

Bertambahnya minus pada mata disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari
Bertambahnya minus pada mata disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari

Jadi, B’timers boleh saja memakai kacamata minus hanya ketika dibutuhkan karena hal ini tidak akan memperburuk kondisi mata. Supaya minus tidak bertambah, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang akan memperparah kondisi mata. Membacalah dengan posisi duduk di tempat yang terang, dan pastikan Anda menonton TV dengan jarak minimal 3 meter.

Jangan lupa, lakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter mata untuk mengetahui apakah minus bertambah atau tidak. Jika bertambah, Anda harus segera mengganti lensa kacamata agar bisa melihat dengan lebih sempurna. (das)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE