“Belum 5 Menit,” Benarkah Ungkapan Itu Menurut Medis? | Breaktime
“Belum 5 Menit,” Benarkah Ungkapan Itu Menurut Medis?
21.10.2015

Mungkin B’timers sudah tidak asing dengan kalimat ini, “Belum 5 menit”, yang diucapkan sambil memungut makanan yang terjatuh. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, ungkapan tersebut juga dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Dan sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah Anda akan memungut atau membiarkan makanan yang jatuh, walaupun belum 5 menit?

Tentunya jawabannya hanya akan ada 2, mengambilnya kembali dan memakannya karena memang waktu jatuhnya tidak terlalu lama, atau  ada pula yang menganggap apapun yang jatuh ke lantai sudah pasti kotor.

Menurut ahli gizi dari Australia Rachel Williams, sebenarnya ungkapan  tersebut hanyalah mitos belaka dan tergantung dari jenis makanan apa yang jatuh. Jika makanan tersebut memiliki kulit atau pembungkus, maka sah-sah saja seseorang memungut dan memakannya lagi setelah terjatuh.

“Belum 5 Menit,” Benarkah Ungkapan Itu Menurut Medis? | Breaktime
Jika di Indonesia Anda mengenal belum 5 menit, di luar negeri justru hanya dibatasi 5 detik saja

Akan tetapi, memungut dan mengonsumsi makanan yang sudah terjatuh benar-benar tidak dianjurkan. Saat semua obyek, dalam hal ini adalah makanan, menyentuh lantai atau permukaan tanah, maka bakteri akan langsung hinggap kurang dari waktu 5 menit.

Dalam laporan yang tertulis di Journal of Applied Microbiology, dijelaskan bahwa hanya dalam 1 menit saja, bakteri yang menginvasi makanan bisa berjumlah ratusan bahkan ribuan. Bayangkan berapa banyak jumlah virus dan bakteri jika makanan tersebut bersentuhan dengan lantai atau tanah selama 5 menit?

Tidak hanya itu saja, penjelasan Williams dan yang tertulis dalam jurnal tersebut diperkuat dengan penelitian yang dilaukan oleh Jilian Clarke, seorang mahasiswa di laboratorium mikrobiologi Illinois University. Hasil penelitian yang didapatkan oleh Clarke, bakteri E Coli mampu berpindah dari ubin ke makanan kurang dari 5 detik.

Jadi, jangan lagi memungut makanan yang terjatuh mesti waktunya belum sampai 5 menit atau 5 detik. Lebih baik berjaga-jaga sebelum kesehatan Anda yang jadi taruhannya.

Share This Article