Latihan Ini Bisa Menghilangkan Sakit Punggung | Breaktime
Latihan Ini Bisa Membantu Menghilangkan Sakit Punggung Anda
05.02.2016

Anda pernah mengalami nyeri atau sakit punggung setelah kemarin memindahkan tumpukan buku bekas ke gudang? Well, sakit punggung ternyata merupakan keluhan yang sangat umum, lho. Menurut penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, sekitar 80% dari semua orang Amerika pasti mengalami nyeri punggung, setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Sakit punggung ini menjadi alasan umum absen dari kantor untuk mengunjungi dokter. Namun meskipun sakit yang satu ini mungkin terasa menyakitkan dan sangat tidak nyaman, biasanya tidak serius.

Penyebab sakit punggung

Bagian belakang manusia terdiri atas struktur kompleks otot, ligamen, tendon dan tulang. Adanya masalah pada salah satu struktur tersebut dapat menyebabkan nyeri punggung. Bahkan pada beberapa kasus, penyebab nyeri punggung tidak bisa ditemukan.

Kebanyakan penyebab Anda mengalami sakit punggung adalah kegiatan sehari-hari ataupun sikap tubuh yang salah. Contohnya posisi setengah membungkuk, mendorong, menarik, mengangkat benda yang beratnya lebih dari berat badan kita, berdiri atau membungkuk dalam waktu lama.

Lalu bagaimana mengatasi sakit punggung jika kita tidak sengaja melakukan kesalahan tersebut?

Workout rutin

Well, latihan fisik mungkin bukan pilihan yang Anda cari saat mengalami sakit punggung. Banyak orang yang mengeluh bahwa hal itu terlalu menyakitkan. Bayangkan saja, terkadang untuk berdiri saja rasanya sudah setengah mati sakitnya, apalagi harus melakukan latihan fisik.

1.Drawing in

Latihan ini merupakan salah satu dari teknik stabilisasi yang biasanya diajarkan untuk pasien dengan sakit punggung tahap awal. Caranya, tidur terlentang di atas matras. Kemudian tekuk lutut. Lalu posisikan kaki Anda sejajar dengan lantai.

Gerakkan tulang panggul Anda sejauh mungkin ke belakang. Tarik napas dan kembali ke posisi pertama. Selanjutnya gerakkan panggul ke depan. Ulangi latihan tersebut hingga rasa sakit atau nyeri di punggung Anda hilang.

Latihan Ini Bisa Menghilangkan Sakit Punggung | Breaktime
Latih otot panggul dengan gerakan ini

2.Upper back stretch

Mulailah dengan berbaring terlentang. Tekuk lutut dan letakkan kaki Anda rata di lantai. Kemudian luruskan tangan dan siku di sisi badan. Kemudian sambil menarih napas, perlahan angkat kedua tangan. Dan gapai sejauh mungkin di atas kepala Anda.

Jika rasa sakit di punggung Anda mulai berkurang, lakukan peregangan ini dengan posisi kaki lurus di lantai. Tampaknya latihan ini memang sederhana, namun dengan dilakukan rutin Anda akan merasakan manfaatnya, B’timers.

Latihan Ini Bisa Menghilangkan Sakit Punggung | Breaktime
Lakukan peregangan ringan untuk mengurangi sakit

3.Aerobics

Well, meskipun Anda menderita sakit punggung, bukan berarti Anda harus melewatkan latihan fisik, lho. Contohnya jalan santai, berenang atau bersepeda, ternyata dapat menyembuhkan sakit punggung Anda juga, lho, B’timers!

Nah, selain harus rutin melakukan latihan untuk menghilangkan sakit punggung yang Anda derita, akan lebih baik jika Anda menghindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan timbulnya sakit punggung, ya, B’timers? (NO)

Share This Article