Lakukan Tips Mengecek Kanker Payudara Ini! | Breaktime
Lakukan Tips Mengecek Kanker Payudara Ini!
16.11.2016

Kanker payudara adalah penyakit yang disebabkan oleh muncul dan menyebarnya sel-sel kanker  dan merusak jaringan-jaringan payudara. Seperti penyakit kanker yang lain, kanker payudara adalah penyakit yang apabila dibiarkan terlalu lama dapat merenggut nyawa sehingga tidak mengherankan jika penyakit tersebut menempati urutan kedua sebagai penyakit kanker mematikan bagi wanita.

Walaupun demikian, kabar baiknya adalah semenjak tahun 1990, angka kematian akibat kanker payudara mulai menurun dikarenakan kemajuan teknologi screening serta pendeteksian awal yang membantu banyak sekali wanita bertahan hidup dari penyakit kanker ini. Dengan deteksi dini, sel-sel kanker tersebut dapat ditanggulangi sehingga tidak sempat menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Dan ternyata, pendeteksian dini kanker payudara dapat Anda lakukan sendiri dengan cara mengecek payudara Anda secara rutin. Berikut adalah langkah-langkahnya!

  • Amati kedua payudara Anda di depan cermin dengan keadaan pundak tegak dan kedua tangan diletakkan di pinggang. Perhatikan keadaan payudara yang tidak lazim seperti adanya tonjolan dan kerutan, ruam kemerahan atau pembengkakan, serta bentuk puting susu yang menekuk ke dalam. Apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda di atas, segera hubungi dokter Anda
Lakukan Tips Mengecek  Kanker Payudara Ini! | Breaktime
Lakukan pengecekan payudara secara rutin, ya!
  • Angkat kedua tangan Anda ke atas dan cek kembali keadaan payudara dan pastikan bahwa tidak ada tanda-tanda seperti yang telah tertulis pada langkah pertama. Ada baiknya Anda mengecek keluarnya cairan yang mungkin keluar dari salah satu atau kedua puting susu yang bisa jadi berupa cairan ASI atau justru yang keluar adalah cairan kekuningan atau darah
  • Angkat salah satu tangan Anda dan raba payudara Anda dengan gerakan melingkar maupun secara vertikal. Rasakan secara seksama dengan jari-jari Anda untuk mendeteksi adanya tonjolan-tonjolan yang mungkin bersemayam di jaringan-jaringan payudara Anda. Gunakan pijatan yang ringan saat Anda meraba bagian atas dari payudara Anda, gunakan pijatan sedang saat Anda meraba payudara bagian tengah, dan aplikasikan sedikit tekanan yang lebih keras saat Anda meraba bagian bawah dari payudara.

Semoga membantu Anda dalam mencegah kanker payudara, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE