Lakukan Kebiasaan Simple Ini untuk Atasi Migrain | Breaktime
Lakukan Kebiasaan Simple Ini untuk Atasi Migrain
08.03.2017

Saat tengah menyelesaikan pekerjaan dan dikejar deadline, eh, separuh kepala berdenyut. Well, migrain memang bisa datang kapan saja. Dan saat migrain menyerang rasanya tentu sangat mengganggu, membuat tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi.Mungkin B’timers meminum obat pereda sakit kepala sebelah ini, namun pengaruh dari obat sebenarnya hanya berlangsung sementara dan tidak dalam jangka panjang.

Jadi, sebenarnya bukan obat yang bisa mengatasi migrain Anda, melainkan healthy lifestyle dan sejumlah kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari.Ya, jika Anda mengubah sejumlah kebiasaan menjadi lebih sehat, ini bisa sekaligus membantu mengatasi migrain yang Anda alami. Migrain Anda akan perlahan teratasi dan itu pun tanpa efek samping, juga jelas lebih murah, kan.Anda pun perlu mengubah kebiasaan sehari-hari, yaitu mulai dari kebiasaan tidur hingga makan, nih.

Baca juga : WASPADA! 10 HAL SEPELE INILAH PENYEBAB MIGRAIN

Lakukan Kebiasaan Simple Ini untuk Atasi Migrain | Breaktime
Tidur lebih nyenyak di kamar yang gelap

Pertama, Anda bisa mulai dengan menenangkan diri sendiri dan rileks.Beri perhatian lebih pada lingkungan sekitar Anda sendiri, terutama saat di rumah sebelum Anda tidur.Di kamar, matikanlah lampu kamar serta semua gadget untuk menghilangkan semua cahaya.Karena, migrain seringkali meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya dan juga suara.

Nah, buatlah diri Anda rileks dengan menciptakan suasana sunyi, gelap dan tenang di kamar Anda.Dan begitu terasa mengantuk, maka tidurlah.Namun, kalau belum mengantuk jangan memaksakan tidur, lho.Karena, semakin Anda berusaha keras untuk tidur, semakin Anda tidak mengantuk.Cobalah lakukan aktivitas ringan saja, seperti membaca, meditasi, atau mendengarkan musik, sampai Anda mulai merasa mengantuk dan bisa tertidur. Dan satu lagi, buatlah jadwal tidur yang rutin, di mana Anda pergi tidur dan bangun pada jam yang samasetiap harinya, termasuk saat weekend, lho. Ini membantu melancarkan ritme sirkadian, yaitu proses biologis tubuh yang berulang setiap 24 jam.

Lakukan Kebiasaan Simple Ini untuk Atasi Migrain | Breaktime
Makanlah dengan rutin setiap hari

Lalu yang kedua, Anda bisa pelan-pelan mengubah kebiasaan makan.Ini simple, lho, namun justru kadang terabaikan.Jadilah lebih konsisten, makan besar tiga kali sehari, dan sebisa mungkin jangan melewatkan makan.Jika tubuh Anda kurang asupan, hal tersebut bisa meningkatkan risiko migrain.Lalu, untuk mengetahui eating habit Anda setiap hari, Anda bisa membuat food journal dan mencatat apa saja yang Anda makan.

Baca juga : SAKIT KEPALA SAAT SEKS? INI YANG TERJADI!

Nah, dengan mengetahui eating track ini, Anda juga bisa mencatat saat mengalami migrain, jadi Anda bisa tahu makanan apa yang kemungkinan besar menjadi penyebab migrain yang Anda alami.Jadi, berikutnya saat memakannya, Anda bisa lebih mengantisipasi migrain. Menurut Mayo Clinic, beberapa makanan yang bisa menyebabkan migrain di antaranya adalah keju, cokelat, kafein atau alkohol. Boleh saja dikonsumsi asal tidak berlebihan, ya.

Lakukan Kebiasaan Simple Ini untuk Atasi Migrain | Breaktime
Jangan lupa selalu cukupi kebutuhan air

Kemudian yang ketiga, jangan lupa untuk selalu menghidrasi tubuh. Seimbangkan cairan yang masuk ke dalam tubuh dan yang dikeluarkan tubuh setiap hari.Tahukah Anda, pada dasarnya manusia memang mudah mengalami dehidrasi. Karena itu, minum 8 gelas air putih setiap hari bisa membantu Anda tetap terhidrasi. Anda juga bisa perbanyak makan buah yang banyak mengandung air, seperti semangka misalnya. Selain itu, kebutuhan air yang tercukupi juga membuat tubuh lebih segar dan sehat, lho.

Baca juga : BAGAIMANA ATASI SAKIT KEPALA HEBAT SAAT HAID?

So, kebiasaan hidup yang lebih sehat ini memang bertujuan untuk mengusir migrain Anda.Tapi, dengan cara alami yang mungkin tak sempat terpikirkan oleh Anda, karena Anda sudah bergantung pada obat hingga hari ini. Namun, yang perlu diingat, efek yang dihasilkan tak akanlangsung terlihat. B’timers perlu untuk konsisten dan berkomitmen terhadap diri sendiri, hingga akhirnya migrain Anda bisa teratasi dengan cara mengubah kebiasaan-kebiasaan tadi. Stay healthy, ya. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE