Lakukan Ini Jika Orang Terdekat Terserang HIV | Breaktime
Lakukan Ini Jika Orang Terdekat Terserang HIV
01.12.2017

HIV/AIDS sampai sekarang masih menjadi penyakit mematikan bagi siapapun yang menderitanya. Ini karena belum ditemukan obat yang bisa membunuh virus ini. Para penderita HIV/AIDS sering dipandang sebelah mata. Banyak stigma negatif yang diberikan pada orang-orang positif AIDS. Padahal, sebenarnya dengan penanganan yang tepat, penyakit ini juga bisa dicegah penularannya. Lagipula, penularan HIV tak semudah yang selama ini telah berkembang di masyarakat. Di hari AIDS sedunia ini, Breaktime mengajak kalian semua untuk tidak menjauhi para penderita AIDS.

HIV sendiri adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh. Virus ini berkembang biak dengan cara menginfeksi sel kekebalan tubuh yaitu CD4. Dalam perkembangan virus ini, penderita tidak akan merasakan gejala-gejala tertentu, bahkan dalam kurun waktu 10 tahun. Namun ada juga yang mengalami gejala, umumnya menderita flu berkepanjangan, nyeri tenggorokan, demam berkepanjangan, dan diare lebih dari satu bulan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tentang Trisomy 13 yang Merenggut Adam Fabumi

Bagaimana penularan HIV? Virus ini menular melalui pertukaran cairan tubuh, seperti sperma, cairan vagina, cairan anus, darah, dan ASI. Namun, HIV tidak akan menular melalui keringat dan urin. Cara penularannya pun beragam dan yang paling umum seperti penularan ibu ke bayi saat melahirkan atau menyusui, melalui oral seks, transfusi darah dari orang yang terinfeksi, penggunaan jarum dan suntikan yang mengandung darah orang terinfeksi.

Nah, jika ada salah satu anggota keluarga yang positif menderita AIDS Anda tak perlu panik, kecuali jika Anda telah melakukan beberapa hal yang bisa menularkan virus. Seperti apa itu? Pertama, telah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang berganti-ganti pasangan, berhubungan seksual dengan pengguna narkoba suntik, pernah berbagi jarum atau suntikan yang sama dengan orang, pernah menerima transfusi darah yang sterilnya diragukan, dan pernah memakai tindik atau menggambar tato.

Lakukan Ini Jika Orang Terdekat Terserang HIV | Breaktime
Menggambar tato jadi salah satu sarana penularan HIV
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sariawan atau Kanker? Ini Gejala Kanker Mulut

Jika pasangan Anda menderita AIDS, apa yang harus dilakukan? Anda harus melakukan check-up kesehatan dengan melakukan konseling dan testing yang dinamakan dengan VCT atau Voluntaru Conselling and Testing. Jika negatif, maka Anda harus menerapkan universal precaution untuk mencegah transmisi dari pasangan dan menerapkan hidup sehat. Salah satunya adalah menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual.

Lalu bagaimana jika anggota keluarga yang positif HIV/AIDS? Cara mencegah penularan tentu saja dengan mengingat bahwa cara transmisinya adalah melalui hubungan seksual, darah dan komponennya, sekresi vagina dan air susu ibu. Darah dan cairan tubuh lainnya tentu akan bisa transmisi jika ada luka terbuka sehingga memungkinkan virus masuk langsung ke peredaran darah. Berjabat tangan, berpelukan, tidaklah menularkan virus. Saat merawat pasangan atau keluarga yang menderita HIV, maka universal precaution diperhatikan. Misal saat membersihkan badan, air seni, feses, harus melindungi diri dengan sarung tangan latex dan pastikan tidak ada luka terbuka meskipun kecil.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

Sedangkan untuk ibu hamil bisa saja tidak akan menularkan sakitnya pada janin. saat sang ibu sudah berada dalam kondisi di mana pada pemeriksaan viral load menunjukkan kondisi tidak terdeteksi.Pada kondisi ini jumlah virus yang ada di tubuh sang ibu sangat minimal sehingga kemungkinan transmisi sangat kecil. Asalkan selama kehamilan pemberian ARV juga terus diberikan dan juga saat nanti bayi telah lahir.

Jadi tak perlu khawatir akan tertular HIV meski ada anggota keluarga yang menderitanya. Asalkan B’timers juga menjaga kesehatan sesuai dengan yang disarankan dan tidak menjauhi para penderita AIDS. Satu lagi yang paling penting, biasakan melakukan pola hidup sehat dan melakukan investasi untuk perlindungan diri di masa depan dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE