Lakukan Hal-hal Sederhana Ini Agar Otak Sehat | Breaktime
Lakukan Hal-hal Sederhana Ini Agar Otak Sehat
09.08.2016

Rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan fisik, B’timers? Jangan salah, karena tak hanya tubuh yang perlu diperhatikan. Otak Anda adalah aset paling berharga yang tak boleh diabaikan kesehatannya, lho. Kehilangan memori atau penurunan kognitif memang hal yang wajar dialami oleh semua orang. Namun ada beberapa hal sederhana yang ternyata bisa bantu meningkatkan kesehatan otak Anda, B’timers!

Lakukan Hal-hal Sederhana Ini Agar Otak Sehat | Breaktime
Jangan sepelekan manfaat latihan fisik, ya, B’timers?

Lakukan latihan aerobik secara teratur

Bukan hal yang mengejutkan memang, bagaimana otak bisa terpengaruh dengan latihan fisik yang kita lakukan setiap hari. Well, sederhananya, latihan aerobik mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Dan ini akan membantu otak memproduksi neuron baru yang akan meningkatkan koneksi saraf.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland School of Public Health, ditemukan bahwa dengan berolahraga setiap hari, denyut jantung yang semakin meningkat dapat meningkatkan kinerja memori otak. Nah, cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, ya?

Beri otak asupan makanan menyehatkan

Diet juga memiliki peran penting bagi kesehatan otak, B’timers. Dan jika kadar DHA dalam tubuh Anda terlalu rendah, otak lebih mudah mengalami degenerasi. Itulah mengapa Omega-3 penting untuk otak. Tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak sendiri, tambahkan makanan kaya Omega-3.

Selain itu, buah dan sayuran yang tinggi antioksidan yang disebut flavonoid juga tak kalah pentingnya. Makanan kaya flavonoid dapat mengurangi resiko penurunan kognitif, seperti penyakit Alzheimer, lho. Semua jenis teh, pisang, buah berwarna dan cokelat adalah pilihan terbaik untuk otak Anda.

Lakukan Hal-hal Sederhana Ini Agar Otak Sehat | Breaktime
Luangkan waktu untuk bermeditasi dan berbincang dengan otak

Meditasi setiap hari bermanfaat untuk otak

Tahu tidak, kalau meditasi adalah salah satu bentuk relaksasi terbaik yang bisa Anda lakukan, B’timers? Selain dapat membantu tubuh, otak pun akan mendapatkan manfaatnya, lho. Penelitian yang dilakukan Massachusetts General Hospital, meditasi singkat dapat meningkatkan kesadaran dalam otak.

Dengan hanya melakukan hal-hal sederhana Anda sudah bisa menjaga kesehatan otak, kan, B’timers? (NO)

Share This Article