Kurangi Gula dan Lihat Efeknya dalam 9 Hari! | Breaktime
Kurangi Konsumsi Gula dan Lihat Efeknya Hanya dalam 9 Hari!
11.11.2015

B’timers tentu mengerti bahaya gula untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan berlebihan. Nah, melakukan diet dengan mengurangi asupan gula tanpa menurunkan jumlah konsumsi kalori juga bisa membuat kita lebih sehat, lho, bahkan efeknya bisa terlihat kurang lebih hanya dalam 9 hari. Demikian menurut hasil sebuah studi terbaru.

Gula berbahaya bukan karena kalorinya

Studi tersebut mengikutsertakan anak-anak dengan obesitas, dan membuktikan bahwa tekanan darah dan kolesterol mereka turun kurang dari dua minggu. Para ilmuwan yang melakukan studi tersebut mengatakan bahwa gula “dapat membahayakan metabolisme bukan karena kalorinya”, melainkan karena gula memberikan tekanan tertentu pada tubuh.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, orang yang mengurangi konsumsi gula akan mengalami penurunan tekanan darah dan kolesterol, fungsi hati yang membaik, mempercepat kadar glukosa darah sementara tingkat insulin berkurang sepertiganya.

Kurangi Gula dan Lihat Efeknya dalam 9 Hari! | Breaktime
Mengurangi konsumsi gula dapat terlihat efek kesehatannya hanya dalam 9 hari

Pentingnya mengurangi asupan gula harian

Dilakukan sebuah penelitian yang diikuti partisipan 43 anak dengan obesitas yang berusia 9 hingga 18 tahun di University of California San Fransisco Benioff Children’s Hospital. Anak-anak tersebut juga memilki setidaknya satu penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi. Setelah sembilan hari, mereka mendapat makanan seperti snack dan minuman, namun mendapat asupan gula lebih sedikit.

Selama penelitian berlangsung, jika ada anak yang berat badannya turun, mereka akan diberi lebih banyak asupan gula untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Seorang lead author, Dr. Robert Lustig mengatakan bahwa studi ini menunjukkan gula bukan membahayakan karena kandungan kalorinya atau efeknya terhadap berat badan, namun gula bisa berbahaya bagi metabolisme karena itu merupakan gula.

Lalu, makanan apa saja yang menjadi sumber utama asupan gula kita sehari-hari?

  1. Gula, baik yang diawetkan maupun gula-gula, hingga 27 persen dari konsumsi gula harian.
  2. Minuman non-alkohol, 25 persen dari konsumsi gula harian.
  3. Biskuit, roti, kue, 20 persen dari konsumsi gula harian.
  4. Minuman beralkohol, 11 persen dari konsumsi gula harian.
  5. Produk susu, 6 persen dari konsumsi gula harian.
  6. Makanan gurih, 5 persen dari konsumsi gula harian.

Nah, untuk membuktikan sendiri efek kesehatannya yang bisa terlihat dalam 9 hari, siapkah B’timers mengurangi asupan gula harian? (md)

Share This Article