Kurang Tidur Bikin Kulit Jadi Keriput! Masa Sih? | Breaktime
Kurang Tidur Bikin Kulit Jadi Keriput! Masa Sih?
08.01.2016
“Sleep is that golden chain that ties health and our bodies together.”—Thomas Dekker

Selain kesalahan dalam memilih make-up, adakah hal lain yang bisa berakibat mengerikan pada kecantikan Anda? Kurang tidur! Yap, memang tak banyak orang yang mengetahui fakta ini. Padahal, kurang tidur bisa mengakibatkan wajah dan tubuh Anda mengalami sejumlah tanda-tanda mengerikan seperti berikut:

Mudah mengalami penuaan

Menurut Dr. Elma Baron dari University Hospital Case Medical Center di Cleveland, seseorang yang sering kekurangan waktu tidur berkualitas, akan mengalami penuaan lebih cepat.

Bahkan, kurang tidur dalam tahap parah bisa memicu sejumlah gangguan kesehatan, seperti diabetes, kanker, dan melemahnya sistem imunitas. Tentu saja semua gangguan ini akan membuat kulit wajah dan tubuh Anda jadi tak segar seperti semula.

Memicu obesitas

Lagi-lagi, kurang tidur erat kaitannya dengan masalah obesitas yang enggan pergi dari hidup Anda. Sebuah studi yang dilakukan Patel SR beserta sejumlah rekannya dari University Hospital of Cleveland menemukan bahwa seorang wanita dewasa yang tidur kurang dari 6 jam sehari sangat mudah untuk mengalami obesutas dibandingkan mereka yang tidur nyenyak selama 7 sampai 8 jam sehari.

Kurang Tidur Bikin Kulit Jadi Keriput! Masa Sih? | Breaktime
Kurang tidur bisa bikin obesitas enggan berpaling dari hidup Anda

Mulut mudah menganga

Pernahkah teman atau siapapun yang ada di dekat Anda mengatakan bahwa B’timers terlihat begitu kelelahan? Selain bikin risih saat ditanya demikian, pertanyaan tersebut secara otomatis bikin Anda jadi tak pede dengan penampilan diri, bukan?

Ternyata, sejumlah peneliti dari Karolinska Instituet di Stockholm University menemukan bahwa 7 dari 10 orang yang kurang tidur mengalami mata merah, memiliki kantung mata yang menghitam, dan mulut lebih mudah menganga. Kondisi inilah yang menjadikan orang lain melihat Anda sebagai sosok yang kelelahan dan tentu saja terlihat agak menyedihkan. Waduh!

Rambut menipis

Benarkah kurang tidur bisa bikin rambut kesayangan makin menipis? It’s true, B’timers! Kurang waktu tidur dalam tahap parah memang bisa mengganggu fungsi fisiologis tubuh, yang memicu terjadinya kerontokan rambut.

Menurut Dr. Candace Spann, seorang dermatologis dan spesialis rambut rontok ternama di Amerika Serikat, kadar kortisol pada tubuh orang yang kurang tidur akan meningkat pesat. Kondisi ini kemudian menurunkan produksi kolagen dan elastisitas rambut.

Nah, mulai sekarang jangan lagi memangkas waktu tidur Anda jadi lebih pendek, ya! Sayangi kecantikan kulit dan kesehatan Anda secara menyeluruh dengan waktu tidur yang ideal. (vsc)

Share This Article