Inilah Kunci Awet Muda hingga Usia 40-an | Breaktime
Kunci Awet Muda di Usia 40-an
07.10.2015

Umur boleh saja bertambah, tapi setiap orang tentu tua tapi jiwa dan raga tetap muda ya, B’timers. Banyak orang yang sakit-sakitan saat memasuki usia 40 tahunan, padahal masih banyak keinginan-keinginan yang ingin dipenuhi, traveling ke berbagai Negara misalnya.

Maka dari itu, sehat di usia yang tak lagi muda sangatlah penting. Nah, berikut ini Breaktime akan memberikan beberapa cara agar tetap sehat di usia yang sudah tak lagi muda:

Konsumsilah banyak serat

Serat adalah sahabat sejati Anda, jadi perbanyaklah
Serat adalah sahabat sejati Anda, jadi perbanyaklah

Metabolisme tubuh akan menurun saat Anda memasuki usia 40 tahun, dan mengonsumsi sedikit kalori akan membuat tubuh tetap sehat. Namun, Anda harus pastikan untuk dapatkan asupan serat dan juga cairan yang cukup untuk mendapatkan kesehatan yang diidamkan. Maka dari itu, pastikan konsumsi harian Anda terdiri dari protein, buah-buahan, sayuran dan juga low-fat dairy product.

Perhatikan kesehatan mata

Perhatikan kesehatan mata salah satunya dengan mengecek secara berkala
Perhatikan kesehatan mata salah satunya dengan mengecek secara berkala

Tidak hanya metabolisme tubuh saja yang menurun sistem kerjanya, penglihatan juga. Jadi, untuk membuat penglihatan Anda tetap aman dan jauh dari berbagai penyakit membahayakan, lakukan pemeriksaan secara rutin. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mempergunakan kacamata yang dilengkapai dengan UV-A dan UV-B protection untuk menjaga mata tetap aman dari bahaya.

Tidak hanya menjaganya dengan kacamata, Heather Manggieri juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, juga menyarankan untuk menjaga kesehatan mata dengan mengosumsi berbagai makanan sehat seperti sayuran dan buah yang banyak sekali mengandung antioksidan, mineral dan juga berbagai vitamin. Kandungan-kandungan tersebut akan memperlambat terjadinya kehilangan penglihatan di usia tua.

Cek kadar kolestrol secara rutin

Cek kondisi kolesterol agar tidak membahayakan kesehatan organ dalam tubuh
Cek kondisi kolesterol agar tidak membahayakan kesehatan organ dalam tubuh

Untuk menjaga tubuh tetap sehat di usia tua, pantau terus jumlah kolesterol tubuh. Di usia 40 tahun ke atas, kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti halnya gagal ginjal, stroke, dan juga serangan jantung. Maka dari itu, rutinlah mengecek kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, imbangi dengan berbagai makanan yang aman dikonsumsi seperti halnya kedelai dan produknya.

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap bugar di usia tua
Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap bugar di usia tua

Ketika menginjak usia 40-an, Anda akan kehilangan sekitar 1% masa otot setiap tahunnya. Untuk mengatasi hal ini, lakukan lakukan olahraga secara rutin. Anda bisa memilih olahraga lari, bersepeda, ataupun nge-gym untuk membuat sistem kardiovaskular tetap normal. Coba pula olahraga ringan seperti halnya yoga, meditasi, ataupun pilates yang akan membuat tubuh tetap lentur dan jauh dari stres.

Tidak hanya berbagai aktivitas fisik saja yang perlu Anda perbanyak ketika memasuki usia 40 tahun. Perbanyak pula aktivitas yang bisa menjaga kesehatan rohani, misalnya dengan rutin berlibur setiap bulan atau melakukan kegiatan yang disukai setiap hari.

Share This Article