Kontak Lens Lebih Nyaman Dari Kacamata, Apa Iya? | Breaktime
Kontak Lens Lebih Nyaman Dari Kacamata, Apa Iya?
08.08.2017

Dilema antara pengguna kacamata dan kontak lens rasanya sudah berlangsung sejak dulu kala. Para newbies pun seringkali bingung memilih, apakah mereka memilih untuk mengenakan  kacamata ataukah lebih memilih untuk memakai kontak lens. Hanya saja, akhir-akhir ini sepertinya penggemar kontak lens semakin meningkat dibandingkan dengan alat bantu penglihatan yang lain.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pengguna Lensa Kontak? Anda Wajib Tahu Yang Satu Ini!

Eits, sebelum menggali alasan di balik kepopuleran kontak lensa ini, B’Timers wajib tahu kalau ternyata ada hal-hal yang bisa jadi belum Anda ketahui tentang sahabat kecil kita ini. Selama ini mungkin kita hanya mengenal kontak lens sebagai alat optik yang ditempelkan di mata untuk menggantikan kacamata. Tapi ternyata, kontak lens sendiri terbagi atas 3 jenis lho.

Yang pertama, dan yang sudah tidak asing di telinga kita adalah corrective contact lenses. Seperti namanya, lensa kontak ini dibuat untuk membantu memperbaiki penglihatan orang-orang yang mengalami masalah penglihatan, seperti penderita myopi, hipermetropi, astigmatisma (rabun akibat kelainan pada organ lensa mata dan kornea), dan presbyopia (mata tua). 

Kontak Lens Lebih Nyaman Dari Kacamata, Apa Iya? | Breaktime
Asyik nih bisa eksperimen dengan warna kontak

Dengan kata lain, corrective contact lenses sangat berguna buat Anda yang menderita gangguan penglihatan tapi tidak ingin menjalani operasi atau memakai kacamata. Sedangkan yang kedua, adalah decorative contact lenses. Nah, kontak lensa jenis ini biasanya terdiri atas berbagai macam warna iris dan umumnya ditujukan hanya untuk tujuan fashion saja.

Yang terakhir, adalah therapeutic contact lenses. Kontak lensa ini dibuat untuk membantu terapi pemulihan kornea mata yang sakit. Umumnya digunakan untuk penderita pembengkakan kornea, keratitis, dan penyakit infeksi kornea  lainnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Legging Bikin Tak Selamat Kecelakaan Pesawat?

Nah, fans kontak lens pastinya sudah tahu betul alasan kenapa lensa kontak jadi alat bantu penglihatan yang paling disuka. Bisa jadi karena warna dari lensa kontak yang beragam yang bisa membuat mata Anda semakin terlihat cantik. Atau bisa juga karena lebih praktis! Anda gak usah khawatir kacamata Anda akan melorot ke hidung Anda saat wajah Anda berkeringat. Menikmati secangkir teh atau kopi hangat pun jadi lebih asyik karena lensa kontak tak akan berembun layaknya kacamata. 

Kontak Lens Lebih Nyaman Dari Kacamata, Apa Iya? | Breaktime
Wajib waspada lho saat pakai kontak lens!

But there are downsides in almost everything. Nah, lensa kontak pun bukan pengecualian. Pernah dengar kan berita mengerikan tentang wanita yan g buta gara-gara dia lupa melepas lensa kontak dari matanya?  Memang bisa jadi itu berita hoax atau berita yang dilebih-lebihkan, tapi memang benar lho lensa kontak bisa mengakibatkan infeksi pada mata. Lensa kontak menghalangi oksigen masuk ke dalam mata. Padahal, sama seperti organ-organ tubuh yang lain mata juga membutuhkan oksigen. Dan berhubung mata tidak memiliki pembuluh darah, satu-satunya cara hanyalah dengan melalui cairan air mata.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Asam Urat Kuncinya Ada di Buah-buahan, Lho

Dan ketika kita mengenakan lensa kontak, lensa tersebut menutup area kornea sehingga cairan mata tak bisa melapisi kornea. Akibatnya, kornea mata jadi kering, panas dan gatal-gatal. Mata juga jadi terasa berat dan kaku. Tidak jarang, pandangan mata Anda pun jadi kabur. Dan kalau keadaan ini terus berlangsung bukan tidak mungkin jika daya penglihatan Anda akan rusak, lho. Jadi tidak heran jika optometrists menyarankan supaya tidak mengenakan lensa kontak selama lebih dari 8 jam tiap hari. Masih bandel? Tanggung sendiri akibatnya, lho!

Anda juga harus jadi orang yang paling disiplin jika Anda ingin mengenakan lensa kontak. Lensa kontak bersentuhan langsung dengan organ mata kita, jadi jika Anda lalai dalam menjaga kebersihan lensa kontak atau menyimpan lensa kontak ala kadarnya besar kemungkinan bakteri yang menempel di lensa kontak tersebut berpindah dan menginfeksi mata Anda. Ih, serem ya?

Memang, memutuskan untuk mengenakan lensa kontak dan kacamata itu sudah masuk ke ranah preferensi masing-masing. Tapi, wajib tahu juga dong plus-minusnya. Anda setuju, B’Timers? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE