Konsumsi Air Es Setelah Olahraga Sebabkan Kematian, Benarkah? | Breaktime
Konsumsi Air Es Setelah Olahraga Sebabkan Kematian, Benarkah?
14.05.2015

Setelah lelah dan kegerahan sehabis berolahraga, memang paling enak minum air putih dingin ya, B’timers! Namun, ada mitos yang mengatakan bahwa meminum air dingin setelah berolahraga bisa menyebabkan kematian mendadak. Benarkah demikian?

Ketika berolahraga, tentu saja tubuh mengeluarkan banyak sekali cairan lewat keringat. Suhu tubuh juga meningkat karena aktivitas fisik yang Anda lakukan. Nah, untuk mengembalikan cairan dan suhu tubuh, mengonsumsi air dingin justru sangat dianjurkan. Dibanding air panas atau hangat, air dingin lebih cepat diserap ke dalam tubuh sehingga bisa segera menggantikan cairan yang hilang dan membuat tubuh tetap terhidrasi.

Air dingin tidak dikonsumsi setelah olahraga tidak menyebabkan kematian
Air dingin tidak dikonsumsi setelah olahraga tidak menyebabkan kematian

Menurut William Evans, seorang director of the Nutrition, Metabolism and Exercise Laboratory di University of Arkansas for Medical Sciences, sama sekali tidak ada dampak buruk dari mengonsumsi air dingin setelah berolahraga. Namun tentu saja, B’timers tidak seharusnya meminum air dingin dengan suhu sangat ekstrem, di bawah 5 °C. 

Menurut jurnal Physiology and Behavior, meminum air dingin dapat menghilangkan rasa haus dan menstabilkan suhu tubuh dengan cepat, namun jangan meminum dengan suhu dingin yang ekstrim. Batas aman untuk air dingin yang bisa diminum adalah yang memiliki suhu minimal 15 °C dan harus diminum secara perlahan agar tubuh tidak kaget.

Jadi jangan takut ya, B’timers! Mengonsumsi air dingin setelah olahraga aman-aman saja kok, untuk tubuh. Asal perhatikan batasan suhunya dan konsumsi dalam jumlah yang wajar, ya!

Share This Article