Konstipasi Ganggu Aktivitas, Lawan Sekarang Juga | Breaktime
Konstipasi Ganggu Aktivitas, Lawan Sekarang Juga!
12.12.2015

B'timers sering mengalami konstipasi? Gangguan yang juga disebut dengan sembelit ini terjadi karena keringnya feses sehingga sulit untuk dikeluarkan dan akhirnya menyebabkan pendarahan pada bagian rektum.

Penyebab feses menjadi lebih kering adalah adanya penyerapan air berlebih di bagian tubuh yang bernama kolon. Sehingga feses menjadi kering dan otot pembuangan akan kesulitan karena feses tidak bisa bergerak. Bagi Anda yang mengalami sembelit, sebenarnya cukup mudah untuk menghilangkan gangguan ini. Berikut beberapa tipsnya :

1. Lakukan olahraga rutin

Salah satu cara awal yang bisa diterapkan untuk menghilangkan gangguan pencernaan ini adalah melakukan olahraga secara teratur. Lakukan olahraga kecil namun rutin seperti sit up dan push up. Ini akan membantu otot perut menjadi lebih lentur dan kuat. Selain itu, biasakan untuk mengkonsumsi air putih secara rutin mulai dari sekarang.

2. Makan banyak serat

Serat bisa Anda temukan dengan mudah pada sayuran. Kandungan satu ini akan mempermudah organ pencernaan mengolah makanan serta melancarkan pembuangan. Jadi meskipun kolon menyerap banyak air dari feses, setidaknya serat akan memperlancar pembuangannya.

Konstipasi Ganggu Aktivitas, Lawan Sekarang Juga | Breaktime
Sembelit bisa jadi merupakan awal penyakit ambeien

3. Kurangi minum susu

Meskipun kandungan susu baik untuk tubuh, namun tidak begitu ramah bagi Anda yang mengalami konstipasi. Susu merupaka salah satu minuman yang cukup sulit untuk diurai dan dicerna tubuh. Oleh karena itu, gantilah susu dengan minuman bergizi lainnya seperti jus buah atau air putih.

4. Konsumsi obat yang tepat

Apabila sembelit masih juga belum teratasi, Anda bisa menggunakan obat berbentuk kapsul atau cairan pelancar buang air besar. Meski obat semacam ini dijual bebas di apotek, namun jauh lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memakainya.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi konstipasi. Setelah sembelit sembuh, usahakan untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat serta mengonsumsi lebih banyak air agar gangguan pencernaan ini tidak kambuh lagi. (wsu)

Share This Article