Kini, Varises Bisa Disembuhkan dengan Laser | Breaktime
Kini, Varises Bisa Disembuhkan dengan Laser
14.10.2015

Berolahraga bersama keluarga atau teman terdekat pastilah menyenangkan. Namun, keceriaan ini bisa menghilang karena sebuah ‘kecelakaan’ kecil yang dikenal dengan varises. Saat Anda melakukan aktivitas berat, jantung akan memasok lebih banyak darah. Ketika pasokan darah dengan tekanan tinggi tersebut tiba-tiba terhimpit, yang terjadi adalah penyumbatan pembuluh darah dan akhirnya bagian tubuh tersebut membengkak.

Hal ini biasanya terjadi jika Anda tiba-tiba menekuk lutut setelah berolahraga berat. Tidak hanya menimbulkan pembengkakan otot yang terlihat di permukaan kulit, varises juga memicu kram yang bisa berujung pada kelumpuhan.

Jika dulu varises hanya bisa disembuhkan melalui terapi khusus yang membutuhkan waktu lama atau operasi, kini para ahli telah menemukan cara ampuh untuk mengatasi varises yakni menggunakan metode laser yang disebut dengan EVLA (Endovenous Laser Ablation).

Kini, Varises Bisa Disembuhkan dengan Laser | Breaktime
Metode laser membantu memperlancar aliran darah yang tersumbat

Langkah awal sebelum melakukan metode laser ini adalah dengan melakukan scanning menggunakan USG Doppler. Pemeriksaan USG Doppler ini bertujuan untuk mengetahui apakah katup dan ukuran pembuluh darah vena yang ada pada kaki masih dalam batas normal atau sudah mengalami penyumbatan.

Setelah melakukan pemeriksaan, barulah dokter akan menentukan treatment yang sesuai dengan tipe varisesnya. Treatment ini bisa dalam bentuk skin laser saja, atau ditambahkan dengan suntikan obat.

Langkah terbaik untuk mencegah varises adalah dengan melakukan pendinginan setelah berolahraga. Pastikan Anda tidak menekuk kaki atau tangan sesaat setelah beraktivitas berat hingga pembuluh darah kembali mengalirkan darah dengan normal.

Share This Article