Khawatir Osteoporosis? Coba Tips-Tips Ini | Breaktime
Khawatir Osteoporosis? Coba Tips-Tips Ini, B'timers!
03.01.2016

Penyakit tulang ada banyak macamnya B'timers, namun yang sering kali menyerang seseorang adalah osteoporosis. Penyakit tulang yang satu ini bahkan bisa membuat pasiennya lumpuh karena alat geraknya rapuh satu persatu. Akan tetapi, osteoporosis bisa dicegah sehingga tidak akan menyerang dikemudian hari. Berikut caranya :

Khawatir Osteoporosis? Coba Tips-Tips Ini | Breaktime
Gaya hidup sehat adalah salah satu tips berumur panjang B'timers

1. Olahraga rutin

Inilah cara paling efektif dalam menghentikan pengeroposan tulang. Sebaiknya ini dilakukan saat usia Anda masih muda. Olahraga yang sangat dianjurkan adalah bersepda dan lari. Berlari dan bersepeda membantu anggota gerak bergerak lebih aktif, sehingga pertumbuhan tulang tetap terjaga dengan baik.

2. Konsumsi makanan berkalsium

Telur, daging, sayur, dan buah adalah beberapa contoh sumber kalsium yang tinggi. Apabila Anda sudah masuk dalam kategori usia kepala 3, perbanyaklah mengkonsumsi beberapa makanan tersebut. Sangat dianjurkan mengkonsumsinya di ketiga jam makan, agar tulang tetap terjaga strukturnya.

3. Vitamin D

Selain kalsium, salah satu nutrisi dari golongan vitamin juga penting dalam mencegah pengeroposan tulang. Vitamin D adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk mempermudah kinerja tulang sehari-hari. Selain itu, vitamin D akan membantu tubuh untuk memaksimalkan penyerapan kalsium.

4. Polah hidup sehat

Tidur tepat waktu dan tetap menjaga jam aktif adalah salah satu dari cara agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Pengeroposan tulang sangat besar terjadi terhadap mereka yang memiliki pola hidup tidak teratur.

5. Hindari soda dan alkohol

Kedua jenis minuman ini akan membahayakan tulang B'timers. Konsumsinya yang berlebihan dapat membuat tulang berongga sehingga mudah sekali keropos. Apabila Anda terpaksa mengkonsumsi soda, sebaiknya diimbangi dengan makanan berkalsium tinggi agar risiko pengeroposan bisa berkurang.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari bahaya pengeroposan tulang. Lakukan pencegahan penyakit karena proses penyembuhan belum tentu berhasil. Jadi, tunggu apalagi B'timers, ayo hidup sehat. | WSU

Share This Article