Ketahui Penyebab Penyakit Ginjal Akut | Breaktime
Ketahui Penyebab Penyakit Ginjal Akut
29.08.2017

Secara medis, penyakit ginjal sebenarnya merupakan kondisi yang umum terjadi pada orang lanjut usia. Penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja, meski memiliki peluang kejadian lebih besar pada orang dengan latar belakang ras Negroid dan yang berasal dari Asia Selatan. Penyakit ginjal menjadi momok bagi semua orang karena gejalanya yang sebenarnya bisa dihindari namun seringkali diremehkan. Penyebab penyakit ginjal sendiri dapat dibedakan berdasarkan jenis sakit ginjal itu sendiri, yakni gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. 

Gagal ginjal akut maupun gagal ginjal kronis sama-sama dapat mengebabkan kematian karena ginjal merupakan salah satu organ tubuh paling signifikan. Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal yang paling utama. Diabetes diketahui memiliki kontribusi terhadap penyumbang penyakit ginjal hingga lebih dari 30% kasus gagal ginjal. Hipertensi atau darah tinggi, sebaliknya, menyebabkan separuh dari kasus gagal ginjal. Tak hanya itu, seseorang juga berisiko terkena penyakit ginjal apabila disebabkan oleh faktor genetik maupun hal lain seperti dehidrasi. 

Sebagai organ tubuh yang berfungsi menyaring racun dan limbah dari dalam tubuh, ginjal memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk mengatur kelebihan cairan, menghilangkan racun dari dalam darah, hingga berperan penting untuk memproduksi sel darah dan menjaga kesehatan tulang. Apabila B’timers mengalami gagal ginjal, ginjal Anda tidak akan berfungsi dengan baik karena masuknya zat berbahaya dalam tubuh yang tidak bisa disaring oleh ginjal serta timbulnya peluang terjadinya edema alias peningkatan cairan dalam jaringan tubuh. Agar Anda tidak mengalami gagal ginjal bahkan terpaksa melakukan cuci darah / dialisis hingga transplantasi ginjal untuk mengambil alih kinerja ginjal yang telah memburuk, Anda sebaiknya mempelajari dengan seksama hal apa sajakah yang dapat menjadi penyebab penyakit ginjal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Percaya Mitos Penghilang Komedo Alami Ini

Gagal ginjal akut dapat terjadi secara tiba-tiba dalam waktu singkat dan kurun waktu 3 bulan, sebaliknya, gagal ginjal kronis terjadi secara perlahan dan lebih mudah ditangani. Gagal ginjal akut sendiri sebenarnya merupakan suatu kondisi yang lebih darurat daripada gagal ginjal kronis karena dapat merusak hampir seluruh organ ginjal dan dapat berujung kematian apabila tidak lekas ditangani. Terdapat beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya penyakit ginjal akut, diantaranya ialah:

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspadai Gejala Infeksi Ginjal!
  • Sebagai penyebab sakit ginjal nomor satu, dehidrasi atau kurang cairan dapat ditimbulkan karena diare, perdarahan, maupun muntah hebat dan demam tinggi.
  • Konsumsi obat jenis tertentu dapat menyebabkan sakit ginjal, misalnya obat penahan nyeri, obat kanker, obat anti darah tinggi, atau antibiotik, apalagi bersamaan dengan kondisi tubuh saat kekurangan cairan.
  • Infeksi karena malaria, demam berdarah dengue, atau leptospirosis dapat menyebabkan dehidrasi serta merusak ginjal.
  • Luka bakar dapat memicu sakit ginjal apabila lebih dari 30% sehingga kulit tidak bisa menjalani fungsi secara optimal. Akibatnya, air menjadi mudah menguap dari kulit yang terbakar dan rentan terjadi gagal ginjal.
Ketahui Penyebab Penyakit Ginjal Akut | Breaktime
Ketahui apa saja yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut.
  • Gagal ginjal juga bisa disebabkan oleh zat yang dilepaskan oleh otot yang terluka setelah mengalami kecelakaan parah.
  • Sumbatan pada saluran kencing juga dapat menyebabkan air kencing sulit dibuang sehingga kembali ke organ ginjal dan mengakibatkan sakit ginjal akut.
  • Terakhir, sakit ginjal akut juga dapat disebabkan oleh konsumsi petai dan jengkol secara berlebihan dalam satu waktu.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada! Ini Tanda Ginjal Bermasalah Wajib Tahu!

Semoga dengan mengetahui berbagai penyebab penyakit ginjal di atas, B’timers dapat menghindari risiko terjadinya gagal ginjal akut dan mencegah risiko kematian. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE