Ketahui Penyebab Kanker Payudara Pria | Breaktime
Ketahui Penyebab Kanker Payudara Pria
18.11.2017

Kanker payudara memang cenderung ditemukan pada wanita, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kaum pria tidak bisa terjangkit kanker payudara sama sekali. Stereotype bahwa kanker payudara hanya terjadi pada perempuan nampaknya diakibatkan oleh prosentase penderita kanker payudara pria jaub lebih kecil daripada wanita. Berdasarkan data statistik, hanya 1 dari 100 laki-laki yang berpotensi terkena kanker payudara.

Salah satu faktor penyebab kanker payudara pria ialah peningkatan usia, sehingga kanker payudara lebih banyak menyerang pria lanjut usia yang mencapai puncak pada usia 60 tahun serta sangat jarang menjangkiti lelaki muda. Padahal, B’timers, tahukah Anda bahwa kondisi kanker payudara pada pria jauh lebih ganas? Hal tersebut disebabkan karena kanker payudara bisa menempel langsung pada kulit dan otot sehingga penyakitnya menjadi jauh lebih berbahaya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kabar Baik Mencegah Kanker Serviks Lebih Mudah

Dengan gejala awal yang serupa, yakni terdapat suatu benjolan dengan permukaan tidak rata di bagian dada sekitar puting atau ketiak, stadium kanker payudara pria lebih cepat naik dibandingkan pada wanita. Apabila kanker payudara wanita tumbuh dalam waktu tahunan, kanker payudara pria tumbuh lebih cepat yakni dalam hitungan bulan. Artinya, meski kelenjar payudara pria tidak berkembang seperti halnya wanita, keduanya juga memiliki risiko terjangkit kanker payudara.

Organisasi European Society for Medical Oncology menyatakan bahwa penyebab kanker payudara pria juga dipengaruhi oleh terlambatnya diagnosis kanker payudara pria dari pihak dokter maupun pasien sekalipun. Apabila para penderita terlambat menyadari adanya gejala kanker payudara sejak dini, hal tersebut pada akhirnya akan berakibat fatal. Penderita kanker payudara yang terlambat menyadari gejala juga akan terlambat mendapatkan diagnosis serta penanganan yang diperlukan. Dengan prosentase kejadian yang jauh lebih rendah sekalipun, para pasien kanker payudara pria cenderung mengalami keterlambatan diagnosis sehingga telah memburuk pada stadium III atau IV.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sakit Pinggang Sebelah Kiri; Berbahayakah?

Dalam sebagian besar kasus, gejala gangguan payudara pada pria biasanya bukan kanker. Mayoritas benjolan yang timbul pada payudara pria disebabkan oleh gynaecomastia atau pembesaran jaringan payudara. Gejala tersebut bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan mudah dengan cara mengontrol berat badan ideal serta menjaga pola hidup sehat. Selain itu, B’timers juga disarankan untuk olahraga 

Ketahui Penyebab Kanker Payudara Pria | Breaktime
Siapa bilang kaum adam terbebas dari risiko terjangkit kanker payudara?

teratur serta mengkonsumsi aneka makanan sehat dan bergizi seimbang. Meski gynaecomastia tidaklah berbahaya, obesitas maupun mengkonsumsi obat hormonal juga bisa menimbulkan risiko terjadinya kanker payudara serta kelainan buah zakar.

Penyebab kanker payudara pria yang paling utama ialah faktor lingkungan seperti paparan radiasi maupun asap rokok. Seringkali, kanker payudara pria dikaitkan dengan keadaan hormonal yang mengakibatkan perubahan bentuk payudara. Awalnya, B’timers akan mendapati adanya ruam atau kemerahan, hingga perubahan warna kulit serta munculnya rasa nyeri yang amat hebat. Sebagian besar pria penderita kanker payudara akan mengeluhkan adanya benjolan pada payudara. Meski tidak terasa nyeri, benjolan tersebut biasanya teraba keras dan tetaplah harus diwaspadai sebagai gejala awal kanker payudara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mencegah Diabetes Turunan lewat Hidup Sehat

Selain perubahan warna kulit pada area puting payudara, para penderita kanker payudara juga akan mengalami retraksi atau penarikan puting payudara, ulserasi kulit, pendarahan dan keluarnya cairan dari puting payudara, hingga adanya nyeri lokal dan pembesaran kelenjar getah bening di area ketiak. Kanker payudara yang telah menyebar hingga ke tulang juga dapat memberikan gejala nyeri tulang. Pada akhirnya, kanker payudara stadium lanjut akan mengakibatkan berbagai gejala khas kanker seperti sensasi lemah pada tubuh serta penurunan berat badan.

Apabila kanker payudara pria telah menginjak stadium lanjut saat awal diagnosis, segera lakukan penanganan yang diperlukan. Yang terpenting, selalu hidari paparan radiasi maupun asap rokok serta pertahankan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Semoga B’timers senantiasa hidup sehat dan bebas dari kanker payudara pria ya. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE