Ketahui Lingkar Pinggang Ideal dengan Rumus Ini! | Breaktime
Ketahui Lingkar Pinggang Ideal dengan Rumus Ini!
14.11.2016

Lingkar pinggang ideal adalah mimpi bagi setiap orang, khususnya wanita. Bagaimana dengan B’timers? Lingkar pinggang sebenarnya tidak hanya menjadi indikator dari masalah kegemukan, tetapi juga sebagai alat ukur kesehatan tubuh. Laki-laki dan perempuan memiliki batas lingkar pinggang ideal yang berbeda. Nanti Breaktime akan memberikan bocoran tentang ukuran lingkar pinggang ideal laki-laki dan perempuan.

Seorang laki-laki dan perempuan sebenarnya tidak boleh memiliki lingkar pinggang melebihi ukuran idealnya. Jika seseorang memiliki ukuran pinggang yang melebihi ukuran ideal, maka berisiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes, hipertensi, dan penyakit tidak menular lainnya.

Baca juga : PENYEBAB OBESITAS PADA ANAK DAN SOLUSINYA

Oleh karena itu, setiap orang harus selalu memperhatikan ukuran lingkar pinggang mereka. Nah, untuk mengukur berapa lingkar pinggang Anda bisa diketahui dengan beberapa cara. Pertama adalah dengan melakukan cara manual, kedua dengan menggunakan rumus.

Berikut ini Breaktime akan berikan cara-cara mengukur lingkar pinggang ideal Anda.

Cara sederhana mengetahui ukuran lingkar pinggang

  • Mengukur dengan jengkal

Cara sederhana yang pertama untuk mengetahui ukuran lingkar pinggang Anda adalah mengukurnya dengan jengkal. Posisikan tubuh Anda dengan tegak, kemudian ukur dengan jengkal mulai dari depan atau belakang.

Jika ukuran pinggang Anda lebih dari empat setengah jengkal, maka Anda sebaiknya cepat-cepat pergi ke gym.

  • Mencubit bagian tubuh tertentu

Cara kedua adalah dengan mencubit bagian tempat lemak berada seperti tangan dan perut. Normalnya, lemak yang terdapat pada bagian tersebut memiliki tebal 1 hingga 2,5 cm. Jika kurang dari itu berarti Anda terlalu kurus. Jika melebihi ukuran tersebut, maka Anda harus diet.

  • Loncat di tempat

Cara yang ini mungki terdengar lucu. Namun, ini adalah cara yang mudah dengan Anda melompat di tempat. Jika setelah melompat Anda merasa seperti berguncang, itu berarti Anda masih menyimpan banyak lemak di dalam tubuh.

Ketahui Lingkar Pinggang Ideal dengan Rumus Ini! | Breaktime
Berapa ukuran lingkar pinggang Anda?

Cara mengukur lingkar pinggang ideal dengan menggunakan rumus

Sebelum mengetahui lingkar pinggang ideal, Anda juga harus mengetahui berat badan ideal. Anda bisa menggunakan rumus dari Body Mass Index (BMI) dengan cara berikut ini, B’timers.

IMT = Berat badan (kg) : ( Tinggi badan (m) x Tinggi badan (m) )

  • Hasil BMI (IMT) < 17.0 = sangat kurus
  • Hasil BMI (IMT) 17.0 – 18.5 = kurus
  • Hasil BMI (IMT) 18.5 – 25.0 = normal (ideal)
  • Hasil BMI (IMT) 25.0 – 27.0 = gemuk
  • Hasil BMI (IMT) > 27.0 = sangat gemuk

Contoh :

Ganita memiliki tinggi 150 cm dan berat badan 75 kg. Maka jika dihitung dengan menggunakan rumus dari BMI atau IMT tersebut, adalah 33,33. Nah, Anda bisa melihat ukuran berat badan ideal Ganita dari rincian ukuran berat badan di atas. Mudah kan B’timers?

Ketahui Lingkar Pinggang Ideal dengan Rumus Ini! | Breaktime
Lingkar pinggang ideal? Lakukan pola hidup sehat!

perempuan. Cara ini juga bisa menjadi alternatif apakah Anda mengalami obesitas atau kegemukan dari ukuran lingkar pinggang Anda.

Seperti yang telah diketahui bahwa pinggang menjadi salah satu bagian tubuh yang sering ditimbuni lemak. Dalam batas normal, ukuran normal lingkar pinggang adalah sebagai berikut.

Laki-laki : < 90 cm

Perempuan : < 80 cm

Baca juga : DAPATKAN BERAT BADAN IDEAL DENGAN DIET PISANG?

Bisa Anda simpulkan sendiri jika lingkar pinggang Anda lebih dari batas normal tersebut berarti Anda mengalami kegemukan dan sebaiknya mulai dengan menjalani hidup sehat untuk mencapai pinggang dan tubuh yang ideal.

Semudah itu dalam mengetahui ukuran lingkar pinggang B’timers. Anda bisa menjaga kesehatan tubuh dan lingkar pinggang ideal yang selama ini B’timers impi-impikan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE