Ketahui Denyut Nadi Normal atau Tidak dengan Ini | Breaktime
Ketahui Denyut Nadi Normal atau Tidak dengan Ini!
13.11.2016

Anda masih bingung untuk mengetahui, apakah denyut nadi yang Anda miliki sudah normal, B’timers? Well, sebenarnya ada berbagai pengaruh yang menyebabkan seseorang memiliki denyut nadi berbeda. Namun sebaiknya ketahui denyut nadi normal untuk lebih mengenali tingkat kesehatan Anda. Intip yuk, pada angka berapa denyut nadi seseorang dikatakan normal, B’timers!

Ketahui Denyut Nadi Normal atau Tidak dengan Ini | Breaktime
Terlalu tinggi atau rendah bisa berarti ada masalah kesehatan

Cara mengetahui denyut nadi normal

Normalnya denyut nadi untuk orang dewasa berkisar antara 60 sampai 100 denyut per menitnya. Pada umumnya lemahnya denyut nadi saat seseorang beristirahat berarti dia memiliki fungsi jantung dan juga kebugaran kardiovaskular yang lebih baik, B’timers. Misalnya seorang atlet terlatih, lebih mungkin punya denyut nadi normal saat beristirahat berkisar angka 40 denyut per menit.

Untuk mengukur denyut, letakkan telunjuk dan jari tengah pada leher di bagian tenggorokan. Atau juga bisa memeriksa denyut nadi di pergelangan tangan, B’timers. Jika Anda ingin memeriksa denyut nadi di pergelangan tangan, letakkan dua jari di antara tulang dan tendon arteri radial, yang terletak di sisi ibu jari pergelangan tangan. Periksa apakah Anda punya denyut nadi normal.

Baca juga : HATI-HATI, INI CARA MENGENALI OBAT KADALUARSA!

Ketahui Denyut Nadi Normal atau Tidak dengan Ini | Breaktime
Jagalah kesehatan Anda dengan rutin beraktivitas fisik, B’timers!

Apakah denyut nadi Anda sudah normal?

Ketika Anda merasa denyut nadi, hitung jumlah ketukan dalam 15 detik. Dan hasilnya dikalikan dengan 4 untuk emnghitung denyut nadi Anda selama satu menit. Yang perlu Anda ingat adalah ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi detak jantung, seperti tingkat aktivitas, kebugaran, temperatur udara, posisi tubuh, emosi, ukuran badan dan obat yang sedang Anda konsumsi.

Dan meski ada berbagai kategori normal untuk hitungan denyut nadi, namun ketika Anda mendapatkan denyut jantung yang terlalu tinggi ataupun rendah, sangat mungkin hal ini menunjukkan suatu masalah kesehatan. Untuk itu ada baiknya segera dikonsultasikan dengan dokter Anda dan mengetahui hitungan denyut nadi normal Anda, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE