Keseringan Mengetik Ternyata Bisa Bikin Gangguan Serius | Breaktime
Keseringan Mengetik Ternyata Bisa Bikin Gangguan Serius
04.09.2015

Kecanggihan teknologi tampaknya telah membuat Anda sulit lepas dari gadget. Rutinitas kantoran seperti mengetik dari pagi hingga sore di depan layar monitor pun menjadi aktivitas yang tak terelakkan. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini bisa membuat Anda mengalami Carpal Tunnel Syndrome (CTS) ?

Ini merupakan sebuah kondisi yang membuat tangan dan jari mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Proses terjadinya CTS diawali dengan pembengkakan saraf, tendon, atau bahkan keduanya. Selanjutnya, saraf median akan tertekan dan mengakibatkan Carpal Tunnel Syndrome.

Umumnya, CTS berkembang secara perlahan-lahan dan akan bertambah parah pada saat malam hari. Bagian jari yang paling sering mengalami CTS adalah ibu jari, jari tengah, dan jari telunjuk. Gejala yang paling sering terasa adalah ibu jari melemah dan muncul rasa sakit pada tangan atau lengan.

Luangkan waktu untuk meregangkan tubuh sejenak
Luangkan waktu untuk meregangkan tubuh sejenak

Diagnosis terhadap CTS bisa dilakukan oleh dokter secara langsung baik melalui pemeriksaan fisik pada tangan dan pergelangan, tes darah, elektromiogafi, studi konduksi saraf, maupun pencitraan x-ray. Lalu, apakah dibutuhkan penanganan khusus lainnya untuk mengatasi sindrom satu ini?

Well, terkadang Carpal Tunnel Syndrome tidak membutuhkan pengobatan khusus. Gejala ini akan sembuh dengan sendirinya selagi B’timers mengurangi aktivitas berat. Namun, jika CTS dirasa cukup mengganggu, membalut pergelangan dengan papan kecil serta suntikan kortikosteroid bisa dilakukan.

Bagaimana bila penanganan tersebut tak kunjung menghilangkan CTS? Bisa jadi Anda tengah mengalami kerusakan sel saraf permanen. Pada kasus CTS parah, dibutuhkan operasi khusus yang mana butuh waktu cukup lama pula untuk mengembalikan kondisi tangan seperti sediakala.

Is that sound so horrible? Indeed. Oleh karena itu, sekalipun Anda dihadapkan pada deadline kantor yang begitu ketat, luangkan waktu sejenak untuk sekadar meregangkan otot bahu dan leher. Anda juga bisa beranjak sebentar dari ruangan untuk menghirup udara segar agar jari tangan punya kesempatan untuk istirahat. (vsc)

Share This Article