Benarkah Keramas saat Haid Menyebabkan Kanker?
Keramas Saat Haid Sebabkan Kanker? Ini Faktanya!
17.08.2015

Banyak mitos beredar tentang menstruasi, salah satunya adalah keramas saat haid bisa menyebabkan kanker. Bahkan, mitos haid ini sempat disebarkan melalui broadcast message dan ramai dibicarakan di media sosial. Berikut cuplikan broadcast yang beredar:

“Sharing untuk para wanita, Jangan keramas karena pori kepala sedang terbuka pada saat haid. Riset membuktikan, setelah 5-10 tahun dapat menyebabkan KISTA & KANKER RAHIM”

Bagi para wanita, isi pesan tersebut tentu saja membuat kawatir dan was-was. Lantas benarkan keramas saat haid dapat menyebabkan kista dan kanker rahim?

Kanker dan keramas saat haid

Hingga saat ini, tidak ada satupun penelitian yang membuktikan bahwa keramas saat haid dapat menyebabkan kanker. Dr Rina Kusuma Wardhani, dokter umum yang menjadi anggota konsultasi medis, menyebutkan bahwa kanker rahim sama sekali tidak berhubungan dengan kerasamas saat haid. Penyebab munculnya kanker adalah faktir genetik (riwayat keluarga), gaya hidup, merokok, makanan, dan infeksi virus, seperti HPV.

Kanker serviks yang sering dikait-kaitkan dengan keramas saat haid, sebenenarnya disebabkan oleh virus HPV yang menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak normal dan berkembang menjadi kanker. Meskipun begitu, kanker serviks dapat dicegah dengan vaksin dan gaya hidup sehat.

Baca Juga : Gampang Terangsang Saat Haid Itu Normal

Manfaat keramas saat haid

Keramas akan membuat Anda bersih dan segar
Keramas akan membuat Anda bersih dan segar

Sebenarnya, tidak ada alasan yang tepat untuk melarang keramas saat haid. Air dingin mungkin memang akan menyebabkan kontraksi rahim dan memicu rasa nyeri yang sering dikenal dengan kram menstruasi. Namun, hal ini bisa diatasi dengan keramas dan mandi menggunakan air hangat.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan selama haid, hindari sabun atau produk berbahan kimia untuk membersihkan organ genital. Anda cukup menggunakan air hangat untuk membersihkan organ genital, mandi dan keramas.

Jadi, masih was-was untuk keramas ketika haid? Keramas itu bagian dari kebersihan dan kesehatan lho, B’timers.

Share This Article