Keputihan Anda Normal? Inilah Gejala Keputihan! | Breaktime
Keputihan Anda Normal? Inilah Gejala Keputihan!
09.12.2016

Bagi beberapa kaum hawa, keputihan adalah sebuah peristiwa yang cukup sering terjadi dan termasuk sangat lumrah. Keputihan adalah mekanisme pertahanan diri yang dilakukan tubuh dengan mengeluarkan cairan lendir yang membersihkan vagina dari bakteri-bakteri jahat dan berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi. Akan tetapi, tidak jarang keputihan merupakan tanda bahwa vagina Anda telah terinfeksi oleh bakteri sehingga sangatlah penting untuk mengetahui kriteria keputihan normal serta gejala keputihan yang tidak normal. 

Baca juga : 

Gejala keputihan normal sebenarnya sangat mudah untuk dilihat, yaitu antara lain warna cairan lendir keputihan berwarna putih atau bening. Keputihan yang normal juga tidak mengakibatkan bau menyengat. Jika keputihan yang Anda alami memiliki ciri-ciri di atas, maka Anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi, Anda perlu melakukan pengecekan ke dokter kandungan atau gynecologis di area Anda jika keputihan yang Anda alami memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Keputihan Anda Normal? Inilah Gejala Keputihan! | Breaktime
Keputihan bisa jadi tanda terjadinya penyakitreproduksi!
  • Mengawasi warna dari cairan keputihan Anda adalah cara termudah untuk mengetahui apakah keputihan yang Anda alami termasuk normal atau tidak. Apabila cairan keputihan memiliki warna selain putih dan bening seperti warna abu-abu, coklat, hijau, kuning, bahkan merah maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut karena warna-warna tersebut menandakan bahwa terjadi masalah pada organ reproduksi Anda
  • Salah satu gejala penyakit keputihan yang lain adalah timbulnya bau vagina yang tidak sedap. Hal tersebut terjadi karena terjadi penurunan jumlah bakteri baik yang ada di vagina sehingga bakteri-bakteri jahat berkembangbiak dengan pesat dan mengganggu tingkat pH dari vagina. Bau vagina yang tidak sedap tentunya sangat mengganggu dan membuat Anda minder, terutama jika sampai tercium oleh pasangan Anda
  • Keputihan yang normal tidak akan memberikan efek apapun pada tubuh Anda, sehingga jika Anda mengalami rasa sakit dan nyeri di bagian vagina ketika terjadi keputihan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Anda mengalami keputihan yang tidak normal akibat invasi dari virus-virus penyakit kelamin
  • Apakah Anda pernah merasakan gatal-gatal dan rasa panas pada vagina ketika keputihan? Jika ya, maka hal tersebut adalah lampu merah bagi Anda. Gatal-gatal pada vagina bisa jadi disebabkan oleh tumbuhnya jamur yang diakibatkan keadaan vagina yang terlalu lembap yang semakin diperparah dengan produksi lendar keputihan yang berlebihan sebagai reaksi tubuh untuk melawan jamur-jamur tersebut.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, dan merawat agar vagina senantiasa dalam keadaan kering sangatlah penting untuk mencegah penyakit keputihan. Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk mencegah terjadinya masalah pada vagina yang dapat mengakibatkan keputihan abnormal:

  • Salah satu hal yang penting untuk mencegah keputihan abnormal adalah dengan menjaga sirkulasi udara sehingga vagina senantiasa berada dalam keadaan kering. Gunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan berbahankan katun, dengan demikian kulit di area sensitif dapat bernapas lebih leluasa dan mencegah vagina dalam keadaan lembab
  • Membasuh vagina dari arah depan ke belakang nampaknya sering dianggap remeh oleh beberapa kalangan, akan tetapi hal yang sepele ini memiliki peranan besar dalam pencegahan penyakit keputihan. Jika Anda membasuh vagina dari arah belakang setelah buang air kecil, Anda berpotensi menggiring kuman dan bakteri yang berada di anus hinggap dan menginvasi vagina Anda.
  • Mengkonsumsi jamu sirih  secara rutin juga dapat dijadikan alternatif perawatan untuk mengobati penyakit keputihan.

Demikianlah gejala keputihan serta tips-tips mengatasinya.  B’Timers, jagalah kesehatan organ intim Anda untuk mencegah penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE