Bercak Hitam di Badan Apakah Bisa Hilang? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Kenapa di Badan Muncul Bercak Hitam dan Apakah Bisa Hilang?
24.11.2015
“Kenapa dibadan saya hitam hitam seperti Toh..? Apa tidak bisa hilang?”
Nia, Lamongan

Bercak-bercak hitam di tubuh Anda dalam dunia kedokteran disebut sebagai Nevus. Nevus  atau yang lebih dikenal dengan sebutan “toh” merupakan sekumpulan sel kulit yang menghasilkan pigmen melanosit berlebihan sehingga berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya.

Nevus sendiri dibedakan menjadi junctional nevus, compound nevus, dan stroma nevus. Sementara itu, bintik yang kerap muncul di tubuh berasal dari stroma nevus dan masuk kategori nevus ota. Biasanya bintik ini berwarna kecokelatan atau abu-abu kebiruan.

Nevus  ini dapat menyerang area dahi,wajah, maupun sekitar mata. namun dapat juga nevus ota ini mengenai kedua sisi area wajah, pada area badan biasa mengenai bahu, atau lengan bagian atas. Seiring berjalannya usia dapat melebar dan semakin gelap.

Bercak Hitam di Badan Apakah Bisa Hilang? | Breaktime
Tampilan nevus ota pada kulit

Memang berkembang anggapan di masyarakat bahwa bercak cokelat atau abu-abu kebiruan bisa menjadi kanker. Namun, untuk kasus nevus ota jarang sekali berubah menjadi keganasan/ kanker sehingga Nevus ini relatif tidak berbahaya.

Hanya saja, adanya nevus ini pada tubuh akan mengganggu penampilan. Alhasil, kulit Anda pun kurang flawless. Lalu, apakah nevus ota tidak bisa hilang? Bisa kok, ada sejumlah penanganan yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya.

Ada dua cara untuk mengatasi nevus ota, pertama dengan teknik penyamaran sementara menggunakan kosmetik. Namun, bila Anda ingin hasil yang lebih awet bahkan permanen, bisa menjalani terapi menggunakan Laser. Laser yang digunakan berupa Laser Nd:Yag dan Intensed Pulse Laser (IPL).

Meski begitu, terapi ini tidak langsung bekerja dalam sekali waktu, ya. Anda butuh mengulanginya selama beberapa kali untuk memudarkan nevus ota sampai akhirnya benar-benar hilang dari permukaan.

Share This Article