Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Yuk! | Breaktime
Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Yuk!
02.04.2016

Selama ini, kasus kekurangan vitamin D memang sangat jarang terjadi. Padahal, kekurangan vitamin D juga memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan mengejutkan seperti diabetes, osteoarthritis, dan kanker. Untuk itu, sebelum terlambat kenali tanda tubuh kekurangan vitamin D, B’timers!

Merasa lelah sepanjang waktu

Kekurangan vitamin D dapat membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Bahkan, setelah Anda mendapatkan tidur yang cukup. Sebuah studi di Amerika Utara yang diterbitkan dalam Journal of Medical Sciences, mengungkapkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan kelelahan.

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Yuk! | Breaktime
Sering merasa lelah meski cukup tidur?

Mengalami Depresi

Reseptor vitamin D, banyak ditemukan di banyak bagian otak, termasuk di daerah yang terkait dengan depresi. Oleh karena itu, ketika kadar vitamin D menurun, seseorang akan lebih mudah mengalami depresi.

Dahi berkeringat

Keringat merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan racun. Namun, jika dahi Anda berkeringat bahkan ketika suhu dan aktivitas tubuh normal, Anda perlu mencurigai terjadinya kekurangan vitamin D.

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Yuk! | Breaktime
Nyeri otot merupakan gejala kekurangan vitamin D

Nyeri otot dan tulang

Tanda tubuh kekurangan vitamin D pada orang dewasa adalah seringnya mengalami sakit atau nyeri pada tulang dan otot, terutama di musim dingin. Gejala lainnya ditunjukkan dengan sendi yang kaku di pagi hari. Bahkan, jika terus berlanjut patah tulang sangat mungkin terjadi. Hal ini berhubungan dengan terhambatnya penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi merupakan salah satu masalah seksual yang cukup merepotkan. Sebuah studi yang di terbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menyebutkan bahwa pria dengan disfungsi ereksi parah memiliki kadar vitamin D yang begitu rendah. Untuk itu, turunkan risiko disfungsi ereksi dengan mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh.

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Yuk! | Breaktime
Kekurangan vitamin D dapat menurunkan kekebalan tubuh

Gangguan tidur

Gangguan tidur dapat menjadi pemicu masalah kesehatan lainnya, seperti stres dan depresi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research, orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin D memiliki risiko 16 persen lebih rendah mengalami kesulitan tidur. Selain itu, penelitian lain menyebutkan bahwa kurang vitamin D dapat menyebabkan kebiasaan tidur abnormal.

Mudah terserang penyakit

Cukup seringkah Anda terserang demam, flu, dan batuk? Jika iya, kemungkinan besar tubuh Anda kekurangan vitamin D. Vitamin D memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga kadar vitamin D yang rendah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Tanda tubuh kekurangan vitamin D ini mungkin tampak sederhana. Namun, jika dibiarkan berlanjut kondisi yang lebih parah tentu dapat terjadi. Untuk itu, jaga kondisi tubuh dengan mencukupi asupan vitamin D ya, B’timers! (dfr)

Share This Article