Kenali Tanda-tanda Anak Mengidap Disleksia | BREAKTIME
Kenali Tanda-tanda Anak Mengidap Disleksia
02.03.2015

“If children can’t learn the way we teach, then we have to teach the way they learn”

- Robert Buck-

Apakah B’timers pernah mendapati seorang anak mengalami kesulitan untuk mencerna informasi ataupun susah untuk bersosialisasi? Well, jangan buru-buru menganggap anak tersebut menderita keterbelakangan mental atau penyakit lainnya, karena bisa jadi anak tersebut mengidap disleksia.

Disleksia adalah ketidakmampuan seseorang dalam menyusun dan membaca kalimat, bahkan tidak dapat menjawab pertanyaan uraian yang terlalu panjang. Untuk tahu lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tanda disleksia yang sudah Breaktime rangkum:

Trouble with reading and spelling

Seorang anak yang menderita disleksia memiliki masalah dengan membaca. Contohnya saja, ia akan sulit mengeja dengan benar, kesulitan mengurutkan huruf-huruf dalam sebuah kalimat, bingung membedakan huruf yang hampir mirip (misal, b dan d), bahkan kesulitan untuk mengucapkan irama kata secara benar dan proporsional. 

Ongoing trouble with schoolwork

Masalah satu ini tentu saja terjadi karena skill membaca, mengeja, dan menulis sangat penting dimiliki saat berada di sekolahan. Terlebih lagi, sekolah tidak hanya menuntut para siswanya untuk pandai baca tulis, namun juga harus bisa memahami apa yang sedang dibaca. Sebab tak jarang juga pengidap disleksia bisa membaca dengan lancar namun mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan tersebut. 

Difficulty remembering numbers

Bukan hanya sulit mengingat angka saja sebenarnya, anak disleksia juga sulit untuk mengingat warna dan alphabet. Kesulitan ini akan semakin terlihat ketika si anak dituntut untuk mengerjakan soal matematika. Di dalam pikiran pengidap disleksia, angka-angka tersebut bisa menari, berjalan, dan bahkan terkadang bisa berbicara. 

B’timers, jangan berkecil hati jika buah hati Anda mengidap disleksia. Sebab, gangguan kesehatan satu ini bisa disembuhkan dengan pendekatan yang tepat dan perlakuan yang sesuai. Banyak kok, orang-orang hebat yang juga pernah mengidap disleksia misalnya saja Leonardo da Vinci dan Walt Disney.

Share This Article