Kenali Pengapuran Sendi dan Pencegahannya | Breaktime
Kenali Pengapuran Sendi dan Pencegahannya
28.12.2016

B’Timers, Anda mungkin menyadari bahwa tulang adalah organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh karena tulang tidak hanya berfungsi sebagai alat penyangga tetapi sendi-sendi pada tulang juga berfungsi untuk memudahkan gerak Anda. Namun seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang pun mulai berkurang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Anda mungkin sangat sering mendengar istilah kedokteran dari tulang keropos (osteoporosis), akan tetapi pernahkah Anda mendengar istilah osteoartritis? Osteoartritis adalah pengapuran sendi, dan penyakit inipun tidak kalah berbahayanya dari osteoporosis. Yuk, kenali pengapuran sendi lebih dekat. 

Baca juga : TAK PERLU RISAU, INI CARA MENGOBATI NYERI SENDI!

Mengapa kenali pengapuran sendi sangatlah penting? Jawabannya adalah karena sendi merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk memperlancar pergerakan kaki Anda. Tulang sendi merupakan jenis tulang rawan yang memiliki struktur licin dan menutupi ujung antar tulang sehingga memungkinkan tulang dapat bergerak dengan lancar tanpa bergesekan dengan satu sama lain. Nah, seiring dengan bertambahnya usia, maupun karena kerja tulang yang terlalu keras hal tersebut secara tidak langsung berdampak pada kondisi dari tulang rawan tersebut. Tulang rawan tersebut akan kehilangan kelicinannya dan struktur tersebut berubah menjadi keras sehingga mengakibatkan kontak antar tulang. 

Kenali Pengapuran Sendi dan Pencegahannya | Breaktime
Aktivitas olahraga ringan dapat mencegah osteoarthritis!

Dan sebagai akibat dari kontak antar tulang tersebut akan membuat Anda merasakan rasa nyeri saat Anda menggerakkan anggota tubuh Anda. Tubuh Anda pun terasa kaku dan Anda pun menjadi tidak leluasa bergerak. Seluruh bagian persendian tubuh dapat terkena penyakit sendi ini, namun umumnya daerah tubuh yang sering terjangkit adalah persendian bagian tangan, pinggul, lutut, leher, atau tulang belakang. Rasa sakit ini seringkali terasa ketika Anda sedang melakukan aktivitas gerak seperti berjalan, berlari, atau mengangkat sesuatu. Akan tetapi apabila Anda tidak segera memeriksakannya ke dokter rasa sakit tersebut lama-kelamaan akan muncul bahkan ketika Anda sedang tidak melakukan aktivitas apapun.

Selain rasa nyeri yang tidak tertahankan, bagian persendian Anda pun dapat mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut terjadi sebagai reaksi tubuh terhadap iritasi atau peradangan yang disebabkan oleh kontak antar tulang pada bagian sendi yang mengalami pengapuran. Efek lain yang disebabkan oleh pengapuran sendi tulang ini adalah tumbuhnya taji tulang. Taji tulang merupakan proyeksi dari tulang kecil yang tumbuh sebagai respons akibat peradangan sendi. Bentuk dari taji tulang ini adalah benjolan kecil yang muncul di sekitar area sendi yang terkena pengapuran. Apabila taji tulang ini bergesekan dengan tulang dan sistem syaraf maka hal tersebut dapat mengakibatkan rasa nyeri bagi penderita.

Gejala lain dari pengapuran sendi ini adalah timbulnya bunyi pada bagian persendian ketika Anda sedang melakukan aktivitas tertentu. Suara yang ditimbulkan oleh persendian tersebut pada umumnya memiliki suara gertakan yang halus. Anda juga akan mengalami rasa nyeri atau tidak nyaman ketika sendi tubuh Anda berbunyi. 

Baca juga : BAHAYA! JANGAN BIARKAN SAKIT PADA TULANG EKOR!

Pengapuran sendi adalah sebuah gejala penyakit tulang yang hingga kini tidak ditemukan solusi pengobatan untuk mengembalikan keadaan tulang sendi yang telah terkena pengapuran. Apabila Anda memeriksakan diri ke dokter, maka hal maksimal yang bisa Anda dapatkan adalah beberapa obat-obatan atau suntikan serta terapi untuk meredakan nyeri. Anda paling tidak dapat mengurangi kemungkinan Anda terjangkit penyakit sendi ini dengan melakukan aktivitas olahraga yang ringan dan tidak terlalu membebani persendian tubuh Anda. Selain itu menjaga diri dari obesitas dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi juga dapat membantu kerja sendi Anda sehingga mencegah terjadinya pengapuran.

Nah setelah kenali pengapuran sendi di atas, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda dan memotivasi Anda untuk tetap hidup sehat ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE