Kenali Penanganan Radang Paru-Paru pada Anak | Breaktime
Kenali Penanganan Radang Paru-Paru pada Anak
21.12.2016
Selamat pagi dokter. Saya mempunyai anak kembar perempuan usia 10 bulan dan salah satu anak saya didiagnosis dokter terkena penyakit radang paru-paru. Oleh karena itu, saya ingin menanyakan larangan dan anjuran untuk penyakit tersebut

Dear Mislikah, kami akan menjelaskan jawaban untuk pertanyaan Anda satu per satu.

Makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh balita yang menderita penyakit radang paru-paru?

Asupan gizi apa yang baik untuk balita usia 10 bulan?

Pneumonia atau radang paru adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada paru-paru, yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Pasien-pasien pneumonia biasanya mengalami penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan.

Pada pasien-pasien pneumonia disarankan untuk makan yang banyak mengandung kalori dan tinggi protein sehingga membantu percepatan pemulihan sakit bayi (contoh: daging, ikan, dan telur , buah-buahan dan juga sayuran), selain itu minum air putih yang cukup (air putih yang dimaksud adalah air matang yang direbus sendiri, bukan air mineral).

ASI juga harus dilanjutkan karena ASI mengandung zat-zat yang menjaga kekebalan tubuh bayi sehingga penyakit infeksi dapat mudah disembuhkan.  Minum air yang cukup juga dapat membantu meredakan demam, dan mengencerkan dahak-dahak yang ada.

Kenali Penanganan Radang Paru-Paru pada Anak | Breaktime
Si kecil yang sedang sakit harus dirawat dengan baik

Yang perlu dihindari adalah makanan yang dapat menyebabkan anak Anda mengalami alergi makanan. Makanan apa saja yang menyebabkan alergi masing-masing individu bisa berbeda, hal ini dapat diketahui dengan meningkatkan awareness setelah mengonsumsi makan-makanan tertentu.

Apakah ada gejala-gejala yang muncul, seperti ruam-ruam kemerahan, gatal-gatal, batuk-batuk, nyeri tenggorokan hingga sesak napas atau dapat juga dilakukan uji tusuk kulit (Skin Prick Test) di pusat-pusat kesehatan seperti rumah sakit terdekat. Karena, jika mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan alergi, hal ini dapat memperburuk kondisi bayi yaitu bayi semakin sesak napas.

Apakah boleh makan kue, seperti biskuit regal?

Pada umur 8-10 bulan sudah dapat diberikan nasi tim kasar (cincang) 3 kali sehari dan dua kali snack. Ketika usia 10 bulan beberapa gigi sudah mulai tumbuh Anda  dapat memberikan finger food dan bahan yang lunak seperti buah yang diiris-iris, seperti snack, biskuit, crackers dan aneka pudding buah atau jelly tanpa pengawet dan pemanis buatan, kue-kue yang lunak dari tepung beras seperti serabi. Namun, saat anak makan harus diawasi agar tidak tersedak karena dapat memperburuk kondisi pneumonia bayi dan membahayakan bayi.

Apakah anak yang menderita radang paru-paru sering mengalami batuk pilek?

Gejala pneumonia yaitu demam tinggi, batuk pilek, susah bernafas hingga sesak, dan adanya pernapasan cuping hidung, lemas dan penurunan nafsu makan. Pneumonia ini dapat disebabkan karena bermacam-macam hal, yaitu bakteri, virus, jamur, atau masuknya makanan atau cairan ke dalam paru.

Buah apa saja yang boleh dimakan untuk balita yang menderita penyakit tersebut?

Buah- buahan yang mengandung vitamin C tinggi karena dapat memperbaiki daya tahan tubuh bayi. Dan, hindari buah-buahan yang dapat menyebabkan alergi pada bayi, biasanya buah-buah yang berlendir.

Demikian jawaban dan penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan bisa membantu.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE