Kenali Macam-Macam Rasa Sakit di Dada, Yuk! | Breaktime
Kenali Macam-Macam Rasa Sakit di Dada, Yuk!
19.04.2016

Pernahkah ketika B’timers beraktivitas dan tiba-tiba merasakan dada sakit seperti ditusuk-tusuk? Selain patah hati, ternyata ada macam-macam rasa sakit di dada yang patut Anda waspadai. Penyakit berikut ini ditandai dengan rasa sakit di dada Anda, lho!

Serangan Jantung

Banyak penyebab macam-macam rasa sakit di dada namun kemungkinan besar yang memicu adalah dari jantung. Jantung yang terletak di bagian dada akan kerja keras sehingga menekan dada dan menimbulkan rasa sakit. Serangan jantung dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat sehingga menyebabkan pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol dan plak. Lakukan selalu kontrol terhadap kondisi kesehatan B’timers untuk mengatasi terjadinya serangan jantung dadakan.

Kenali Macam-Macam Rasa Sakit di Dada, Yuk! | Breaktime
Sakitnya di dada mungkin karena penyumbatan pembuluh darah Anda, lho!

Angina

Angina adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena aliran darah menuju jantung berkurang. Hal ini menyebabkan jantung kekurangan oksigen sehingga membuat dada Anda terasa nyeri. Penyebab dari penyakit ini dipicu karena aktivitas fisik yang berlebihan hingga stres. Baik angina stabil maupun tidak, keduanya sama-sama memberikan rasa sakit yang dalam pada dada B’timers. Bahkan beberapa kasus, penyakit angina yang terabaikan akan memicu serangan jantung.

GERD

Gastroesophageal reflux (GERD) adalah kondisi dimana sistem pencernaan B’timers berkontraksi sehingga menyebabkan isi perut bergerak mundur hingga ke esofagus. Pergerakan isi perut yang mayoritas berisi asam ini memberikan sensasi panas pada dada hingga tenggorokan. Anda akan merasakan rasa asam di bagian pangkal mulut.. Hal ini wajar terjadi setidaknya satu kali dalam sebulan pada orang dewasa yang dipicu karena obesitas dan stres.

Kenali Macam-Macam Rasa Sakit di Dada, Yuk! | Breaktime
Dada sakit disertai mual tanda asam lambung Anda masuk ke esofagus Anda

Heartburn

Serupa dengan GERD, heartburn adalah sensasi terbakar pada area dada yang diikuti dengan rasa pahit di tenggorokan dan pangkal mulut. Biasanya gejala akan semakin parah bila B’timers makan dalam porsi besar atau ketika tidur telentang. Hal ini disebabkan karena katup jantung melemah sehingga menyebabkan zat makanan yang telah dicerna masuk ke dalam esophagus dan mengiritasinya. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, makan pedas, hingga obesitas akan memperparah kondisi ini.

Radang Paru-Paru

Radang paru-paru atau pneumonia merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri, hingga virus. Parasit kecil yang meracuni paru-paru tersebut membuat kinerja paru-paru dalam memompa udara dalam tubuh menjadi terbebani. Tidak heran jika B’timers akan merasakan sakit di dada sekaligus batuk kering bahkan mual dan muntah. Biasanya pneumonia disebabkan karena menghirup debu, cairan, hingga makanan yang tercemar oleh jamur.

Kenali Macam-Macam Rasa Sakit di Dada, Yuk! | Breaktime
Pastikan Anda segera berkonsultasi dengan dokter bila menemui gejalanya

Banyak juga macam-macam rasa sakit di dada, ya? Apabila B’timers merasakan sakit di dada, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter agar dapat segera didiagnosa dan diobati penyebabnya. Anda yang menahan rasa sakit akan berujung ke sakit yang lebih parah. So, take care of your body! (ft)

Share This Article