Kenali Lebih Dini Gejala Stroke Ringan | Breaktime
Kenali Lebih Dini Gejala Stroke Ringan
03.09.2017

Gejala stroke ringan juga dikenal sebagai Transient Ischemic Attack (TIA). Hal ini terjadi ketika sebagian otak mengalami kekurangan aliran darah. Hal ini menyebabkan gejala seperti stroke yang sembuh dalam waktu 24 jam. Tidak seperti stroke, TIA tidak membunuh jaringan otak atau menyebabkan cacat permanen. Karena gejala TIA dan stroke hampir sama, Anda harus segera mendapat perhatian darurat jika Anda mengalami gejala apapun.

Mengetahui tanda-tanda TIA atau stroke ringan dapat membantu Anda mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan sedini mungkin. Karena 1 dari 3 orang yang mengalami TIA kemudian mengalami stroke, pengobatan dini sangat penting.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wah, Mendengkur Juga Bisa Jadi Tanda Stroke?

Gejala TIA

Kenali Lebih Dini Gejala Stroke Ringan  | Breaktime
Tiba-tiba sulit bergerak juga bisa menjadi tanda stroke ringan.

Mungkin sulit untuk mengidentifikasi bahwa Anda pernah menderita TIA, namun beberapa gejala mungkin mengindikasikan stroke ringan. Gejalanya bisa dibilang singkat.

Gejala yang paling umum dari TIA adalah:

  • perubahan penglihatan
  • disfasia (masalah berbicara)
  • kebingungan
  • masalah keseimbangan
  • kesemutan
  • tingkat kesadaran yang berubah
  • pusing
  • pingsan
  • Indera perasa tidak normal
  • indera penciuman yang tidak normal
  • Kelemahan atau mati rasa hanya pada satu sisi tubuh atau wajah, ditentukan oleh letak bekuan darah di otak

Hubungi dokter atau pergi ke ruang gawat darurat jika Anda mengalami gejala-gejala ini.

Disfasia

Kenali Lebih Dini Gejala Stroke Ringan  | Breaktime
Sulit bicara menjadi ciri dari TIA.

Orang-orang dengan TIA sementara mungkin tidak dapat berbicara. Setelah TIA, orang mungkin mengatakan kepada dokter mereka bahwa mereka sulit mengingat kata-kata selama stroke ringan berlangsung. Masalah lainnya mungkin termasuk kesulitan mengucapkan sepatah kata atau kesulitan untuk memahami kata-kata.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Merawat Kesehatan Kulit kala Cuaca Ekstrem

Kondisi ini disebut juga dysphasia. Sebenarnya, dysphasia kadang-kadang merupakan satu-satunya gejala stroke ringan. Kesulitan berbicara menunjukkan bahwa penyumbatan atau bekuan darah yang menyebabkan stroke ringan terjadi di belahan otak yang dominan.

Kebutaan sementara di satu mata

Terkadang, TIA bermanifestasi sebagai gangguan visual tertentu yang dikenal sebagai kebutaan monokular transien (KMT). Di KMT, penglihatan seseorang di satu mata menjadi tiba-tiba redup atau dikaburkan. Dunia berubah menjadi abu-abu atau benda terlihat buram. Ini mungkin berlangsung selama detik atau menit. Paparan sinar terang bisa memperparah KMT. Anda mungkin tidak bisa membaca kata-kata di halaman putih.

Berapa lama TIA bertahan?

Gejala TIA bisa berlangsung sekejap satu menit. Seringkali, gejala hilang saat Anda tiba di dokter. Gejala Anda mungkin tidak hadir saat dokter mengevaluasi Anda, jadi Anda harus menjelaskan kejadian tersebut setelah gejala Anda hilang.

Faktor risiko stroke

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa merusak dinding dalam arteri. Menciptakan plak yang bisa pecah dan menyebabkan penggumpalan darah di arteri ini. Kelainan ini bisa menyebabkan stroke ringan atau stroke. Jika dokter Anda telah mendiagnosis tekanan darah tinggi Anda, sangat penting untuk terus memantau tekanan darah Anda secara rutin. Anda harus mengecek di monitor tekanan darah di rumah untuk memeriksa tekanan darah Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Dia Faktor-faktor Penyebab Sakit Wasir

Terkadang, orang memiliki apa yang disebut "white coat hypertension" Ini berarti tekanan darah Anda bisa lebih tinggi dari biasanya di kantor dokter Anda karena kegelisahan ketika tekanan darah Anda diperiksa. Melacak tekanan darah Anda di rumah dapat memberi penilaian akurat pada dokter mengenai tekanan darah khas Anda. Informasi ini membantu mereka menyesuaikan obat tekanan darah dengan lebih efektif.

Jika Anda memiliki alat pemeriksa tekanan darah di rumah, Anda harus segera memeriksa tekanan darah jika mengalami salah satu dari gejala berikut ini:

  • vertigo
  • pusing
  • Kurangnya koordinasi
  • gangguan gaya berjalan

Jika Anda tidak memiliki cara untuk memeriksa tekanan darah Anda di rumah, Anda harus segera menghubungi dokter Anda atau pergi ke pusat perawatan atau pusat gawat darurat setempat. Ini juga bisa jadi penanganan awal gejala stroke ringan.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE