Kenali Kulit Sensitif Lebih Dekat! | Breaktime
Kenali Kulit Sensitif Lebih Dekat!
22.12.2016

B’Timers, pernahkah Anda merasakan gatal-gatal hingga kulit Anda terasa panas dan berwarna merah? Atau mungkin kulit Anda menunjukkan reaksi lain seperti timbulnya jerawat setelah Anda mengkonsumsi makanan tertentu atau segera setelah Anda mengaplikasikan produk kosmetik tertentu. Jika ya maka besar kemungkinan Anda memiliki kulit yang sensitif. Seperti apakah kulit sensitif itu dan bagaimana cara merawat kulit sensitif? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut pertama-tama Anda harus kenali kulit sensitif terlebih dahulu.

Untuk kenali kulit sensitif, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apakah kulit sensitif itu. Kulit sensitif adalah jenis kulit dengan lapisan kulit yang lebih tipis dibandingkan jenis kulit non-sensitif. Dan karena letak lapisan kulit berdekatan dengan sistem syaraf kulit, maka tidak mengherankan jika kulit sensitif sangatlah peka terhadap produk kecantikan yang Anda gunakan, makanan yang Anda konsumsi, serta iklim lingkungan di tempat Anda tinggal. Hal tersebut terjadi karena lapisan pelindung kulit paling luar (stratum kornemum) tidak mampu memberikan perlindungan yang maksimal terhadap faktor-faktor penyebab alergi.

Baca juga : HATI-HATI, INI PENYEBAB GATAL-GATAL PADA KULIT!

Kulit sensitif pada umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik, dan pemilik kulit sensitif pada umumnya memiliki beberapa gejala seperti kulit menjadi kering dan kasar (bersisik) ketika terpapar oleh polusi udara dan sinar matahari yang terik, udara yang dingin atau setelah Anda mengaplikasikan produk make-up tertentu. Akan tetapi, gejala-gejala di atas bukanlah satu-satunya gejala yang muncul jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Beberapa dari Anda mungkin mengalami gejala kulit sensitif yang lain, seperti muncul rasa gatal-gatal dan kulit menjadi kemerahan, yang tidak jarang disertai dengan tumbuhnya benjolan-benjolan atau jerawat di kulit atau di wajah setelah Anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan atau setelah Anda mengaplikasikan alat kosmetik.

Kenali Kulit Sensitif Lebih Dekat! | Breaktime
Kulit sensitif memang membutuhkan perawatan ekstra!

Untuk mengetahui apakah jenis kulit Anda termasuk kulit sensitif atau bukan, Anda harus mengunjungi ahli dermatologis di area Anda, walaupun Anda pun dapat melihatnya melalui penampilan fisik dari kulit Anda. Apabila Anda memiliki kulit sensitif, selain kulit Anda menunjukkan gejala-gejala seperti kulit kering, gatal-gatal, dan lain sebagainya, Anda juga akan dapat melihat dengan jelas garis-garis pembuluh darah Anda.  Hal tersebut terjadi karena lapisan kulit Anda yang tipis dan letak dair pembuluh darah yang berada cukup dekat dengan lapisan dalam kulit.

Karena kepekaan tingkat tinggi yang dimiliki oleh kulit sensitif, perawatan kulit yang harus Anda lakukan pun tergolong susah-susah gampang. Karena kulit sensitif mudah bereaksi terhadap kondisi lingkungan, maka pastikan bahwa Anda selalu menggunakan krim body lotion sebelum Anda keluar rumah sehingga kulit tubuh Anda tetap lembap dan tidak kering. Selain itu, Anda juga harus lebih teliti dalam memilih produk kosmetik. 

Baca juga : INILAH MAKANAN-MAKANAN SEHAT UNTUK KULIT SEHAT

Apabila setelah Anda menggunakan produk make up tertentu dan muncul reaksi-reaksi kulit yang membuat Anda tidak nyaman seperti kulit kering atau kulit terasa panas terbakar, maka Anda harus menghentikan penggunaan dan mengganti produk dengan jenis kosmetik yang diracik khusus bagi jenis kulit sensitif. Selain itu, Anda juga wajib mematuhi pantangan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat mengakibatkan reaksi alergi terhadap kulit Anda.  Tips dalam memilih produk facial foam atau sabun wajah yang cocok untuk kulit sensitif adalah hindari menggunakan produk berbahankan scrub karena butiran-butiran keras pada sabun wajah tersebut dapat menggores kulit wajah dan mengakibatkan iritasi.

Nah B’Timers, sudahkah Anda kenali kulit sensitif Anda? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ya! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE