Kenali Jenis Sakit Kepala: Cara Tubuh Berkomunikasi | Breaktime
Kenali Jenis Sakit Kepala: Cara Tubuh Berkomunikasi dengan Anda
20.10.2015

Setiap orang tentunya pernah mengalami sakit kepala, dari yang terasa ringan sampai nyeri hebat seharian. Pada dasarnya, ketika Anda sakit kepala, tubuh sedang memberikan sinyal adanya gangguan dalam tubuh Anda. Nah, apa saja makna sakit kepala yang pernah Anda alami selama ini? Yuk, intip ulasannya:

Tension

Sakit kepala jenis ini umumnya memberikan tekanan yang besar di sekitar atau belakang kepala. Namun, tekanan akan terasa begitu kuat pada area pelipis dan leher. Biasanya,  hal ini terjadi ketika Anda terlalu stres sehingga terjadi perubahan senyawa kimia pada otak.

Cluster

Jenis sakit kepala satu ini lebih sering menyerang kaum Adam dibandingkan kaum hawa. Rasa nyeri akan tiba-tiba muncul dan disertai dengan rasa lemah pada satu sisi kepala. Terkadang juga diikuti adanya rembesan air mata atau hidung berlendir pada sisi kepala yang sakit.

Kenali Jenis Sakit Kepala: Cara Tubuh Berkomunikasi | Breaktime
Sakit kepala jenis tension terjadi ketika Anda terlalu stres

Sinus

Ketika sinus mengalami peradangan akibat infeksi atau hal lainnya, makan akan timbul rasa sakit kepala yang luar biasa. Terkadang, sakit kepala ini juga diiringi demam. Umumnya, sakit kepala akibat sinus ini bisa diobati dengan konsumsi sejumlah antibiotik yang diberikan dokter.

Rebound

Keseringan mengonsumsi painkiller ternyata bisa mengantar B’timers mengalami rebound headache. Sebab, kebanyakan obat akan memicu otak berada dalam tahap “senang” yang ternyata memicu jenis sakit kepala lain. Selain itu, bisa jadi bahwa ini merupakan sinyal tubuh mulai ketagihan mengonsumsi obat tertentu dan kadarnya tengah menurun dalam aliran darah Anda.

Migrain

Migrian umumnya terjadi ketika Anda merasakan nyeri pada satu sisi kepala. Dalam keadaan tertentu, rasa nyeri tersebut juga diikuti dengan mual, sensitif pada cahaya, serta suara. Bila sudah parah, migrain akan membuat gangguan penglihatan dan tangan yang mulai mati rasa.

Nah, jenis sakit kepala manakah yang paling akrab menyerang B’timers? Bila tergolong parah, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter, ya!

Share This Article