Kenali Gejala Darah Rendah & Cara Mengatasinya | Breaktime
Kenali Gejala Darah Rendah & Cara Mengatasinya
03.11.2016

Tekanan darah rendah atau istilah medisnya adalah hipotensi biasanya terjadi jika darah berada pada titik 90/60. Tekanan darah yang normal adalah 120/80. Angka-angka tersebut ditentukan dari ukuran jantung yang memompa darah dan bersirkulasi ke tubuh. Sirkulasi tersebut akan menekan dinding-dinding pembuluh darah. Gejala darah rendah yang ditimbulkan sebagian besar tidak menjadi perhatian banyak penderitanya. Mereka mungkin hanya akan beristirahat untuk meredakannya.

Lebih tepatnya, tekanan darah rendah disebabkan karena aliran darah tidak memadai untuk jantung, otak, dan organ vital lainnya. Lalu, bagaimana mengetahui bahwa Anda mengalami tekanan darah rendah? Gejala apa saja yang akan muncul? Berikut ini akan dijelaskan gejala yang akan muncul jika Anda mengalami tekanan darah rendah.

Baca juga : TANDA ANDA DERITA OBSESSIVE COMPULSIVE DISORDER

1. Sering mengalami pusing

Anda akan sering mengalami pusing B’timers. Hal ini dikarenakan darah tidak mampu membawa oksigen yang cukup ke otak. Rasa pusing yang berkunang-kunang juga bisa menyebabkan pingsan. Namun, sakit kepala yang dirasakan tidak stabil.

2. Pandangan kabur atau kunang-kunang

Gejala darah rendah lainnya adalah pandangan Anda akan tiba-tiba kabur dan hal ini kadang terjadi secara berulang. Hal ini terjadi biasanya setelah Anda duduk kemudian berdiri. Keseimbangan Anda juga akan terganggu, jika parah biasanya Anda akan oleng atau jatuh.

Kenali Gejala Darah Rendah & Cara Mengatasinya | Breaktime
Salah satu gejala darah rendah adalah mual-mual

3. Pucat dan lesu

Penderita akan terlihat pucat, dingin, dan denyut nadi tidak stabil atau cenderung lemah. Selain terlihat pucat, bisa juga ditandai dengan rasa dingin di beberapa titik tubuh, seperti kaki, tangan, hidung, dan telinga.

4. Mual-mual

Anda juga bisa mengalami mual-mual dan terjadi secara bertahap atau berulang-ulang. Tubuh Anda pun akan sangat lemas dan tidak bertenaga.

5. Mengantuk

Akibat kurangnya suplai oksigen ke otak, rasa kantuk juga akan sering menghampiri Anda. Ditandai dengan seringnya Anda menguap padahal sebenarnya Anda juga tidak terlalu lelah.

6. Rasa haus yang berlebihan

Gejala lainnya juga bisa dengan rasa haus yang berlebihan. Jika Anda mengalami hal ini, maka perbanyak minum air putih, karena juga sangat baik untuk menormalkan tekanan darah Anda.

7. Bernafas dengan cepat dan pendek

Sesak nafas biasanya juga sering terjadi jika Anda mengalami tekanan darah rendah. Ketidakmampuan darah membawa oksigen pada otak juga berpengaruh pada alat pernafasan, yaitu paru-paru.

Gejala-gejala tersebutlah yang menandakan bahwa Anda mengalami tekanan darah rendah. Jika Anda sudah mengetahui gejala darah rendah, lalu bagaimana cara mengatasinya? Setidaknya untuk mengurangi rasa tidak nyaman dari gejala-gejala tersebut. Tenang, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi gejala darah rendah.

Baca juga : ADA 5 CARA MENGATASI INSOMNIA YANG AMPUH

1. Resiko penderita pingsan

Jika Anda menemui penderita yang pingsan, maka istirahatkan penderita di tempat yang nyaman. Yang terpenting adalah terhindar dari panas matahari atau yang terlalu ber-AC. Hindarkan juga dari keramaian orang agar penderita bisa bernafas dengan bebas. Setelah ia sadar maka langsung berikan air putih untuk menormalkan tekanan darah.

2. Banyak minum

Untuk mencegah terjadi gejala darah rendah yang tidak diinginkan, maka Anda bisa memperbanyak minum air putih setiap harinya sebanyak 8 gelas per hari. Anda juga bisa minum air hangat yang dicampur dengan gula atau madu untuk menambah energi.

3. Perbaiki pola makan

Tekanan darah rendah sering terjadi pada seseorang yang memiliki pola makan buruk. Oleh karena itu, perbaiki pola makan Anda secara teratur sebanyak tiga kali dalam sehari. Tak perlu porsi yang terlalu banyak, cukup dengan waktu yang teratur dan perut tidak pernah kosong.

Kenali Gejala Darah Rendah & Cara Mengatasinya | Breaktime
Banyak minum bisa mencegah tekanan darah rendah, lho!

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Anda juga harus banyak mengonsumsi makanan yang berupa sayuran yang mengandung banyak vitamin dan serat. Selain itu, juga buah-buahan yang juga mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang akan meningkatkan energi dan kesehatan pada tubuh Anda.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu hal penting untuk kesehatan tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, Anda hanya perlu melakukan olahraga kecil namun rutin dan teratur.

Nah, B’timers jadi itulah gejala darah rendah dan bagaimana cara mengatasinya. Kini Anda bisa mengatasinya jika mengalami gejala darah rendah tersebut, Namun, akan jauh lebih baik jika Anda mencegahnya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE