Kenali Gejala Chikungunya Dengan Baik | Breaktime
Kenali Gejala Chikungunya Dengan Baik
12.11.2016

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit Chikungunya yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini. Selain menyebabkan penyakit demam berdarah nyamuk yang juga biasa disebut dengan Aedes Albopictus ini juga bisa menyebabkan orang yang digigit oleh nyamuk ini terkena penyakit yang bernama Chikungunya tadi. Virus Chikungunya yang memang sudah ada di dalam tubuh nyamuk ini akan  masuk ke dalam sel darah orang yang digigit dan akan menimbulkan beberapa gejala. Meski penyebabnya adalah nyamuk yang sama dengan demam berdarah, Chikungunya berbeda dengan demam berdarah. Berikut ini adalah gejala chikungunya yang harus Anda ketahui.

  • Demam

Hal ini memang tidak jauh berbeda dengan gejala demam berdarah dan oenyakit-penyakit lainnya. Namun demam yang datang secara mendadak bisa jadi merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang terserang virus Chikungunya.

  • Nyeri Sendi

Selain demam yang mendadak, jika tubuh terserang virus Chikungunya biasanya akan merasakan nyeri sendi yang sangat hebat dan bisa berlanjut hingga anggota badan perlahan tidak bisa digerakkan atau lumpuh. Gejala Chikungunya satu ini bisa berlangsung selama berminggi-minggu dan juga merupakan salah satu gejala utama dari penyakit Chikungunya yang datangnya hampir bersamaan dengan demam yang mendadak.

  • Nyeri otot

Selain nyeri sendi, otot-otot yang ada di dalam tubuh juga akan terasa sangat nyeri.

  • Kedinginan

Saat demam sudah sangat tinggi tubuh lama-lama akan merasa kedinginan karena panas tubuh yang terlalu tinggi.

  • Sakit Kepala

Karena demam dan juga nyeri pada otot dan sendi ini akan mengakibatkan gejala lainnya yaitu kepala yang sakitnya tidak tertahankan.

  • Ruam

Gejala ini mirip dengan demam berdarah yaitu ruam atau bintik-bintik merah disekujur tubuh.

  • Lelah

Tubuh yang terjangkit virus Chikunganya akan mudah sekali merasa lelah.

  • Mual dan muntah

Selain gejala-gejala di atas, gejala yang biasanya juga dirasakan penderita Chikungunya adalah mual dan muntah.

Kenali Gejala Chikungunya Dengan Baik | Breaktime
Nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus Chikungunya

Gejala-gejala Chikkungunya di atas biasanya mulai terasa setelah 4-8 hari atau 2-12 hari sejak digigit oleh nyamuk pembawa virus Chikungunya tersebut. Gejala paling awal memang mirip sekali dengan sakit flu biasa. Namun jika kemudian disusul dengan gejala di atas lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter untuk di tes darah. Untuk membedakan gejala demam berdarah dengan gejala Chikungunya dari keterangan di atas bisa kita simpulkan bahwa gejala utama Chikungunya adalah nyeri sendi dan otot yang menyebabkan kelumpuhan pada anggota tubuh. Sedangkan demam berdarah memiliki gejala utama pada bintik-bintik merah di sekujur tubuh dan jika sudah parah akan terjadi pendarahan baik itu internal dan eksternal.

Disamping itu perlu diketahui bahwa nyeri otot dan nyeri sendi untuk penderita Chikungunya dalam beberapa kasus akan tetap terasa hingga berbulan-bulan bahkan ada yang bertahun-tahun. Jika sakit ini tidak segera ditangani akan sangat besar kemungkinan menimbulkan penyakit lain seperti gangguang saraf, mata, jantung dan juga gangguan saluran pencernaan. Baik Chikungunya dan demam berdarah harus segera diobati agar tidak berujung pada kematian. Terutama jika penyakit Chikungunya ini meyerang orang lanjut usia, tentu harus segera disembuhkan agar tidak sampai membahayakan jiwa orang tersebut.

Dengan mengetahui gejala Chikungunya di atas, Anda bisa mulai waspada dan bisa segera melakukan tindakan untuk mencegah penyakit Chikungunya menjadi semakin parah dan membahayakan keselamatan jiwa penderita. (naf)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE