Kenali Ciri-Ciri Junk Food yang Jadi Musuh dalam Selimut | Breaktime
Kenali Ciri-Ciri Junk Food yang Jadi Musuh dalam Selimut
18.06.2015

Siapa tidak suka makanan yang rasanya enak? Ya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan citarasa tinggi memang tidak bisa dihindari. Seringkali, kita lebih memilih makanan yang praktis dan rasanya lezat. Padahal, makanan seperti inilah yang biasanya merupakan junk food, B’timers. Bahkan, kadang kita tidak sadar sudah menjadi junk food junkie alias kecanduan junk food.

Lezat namun mematikan. Bukan berarti efeknya terlihat langsung, namun konsumsi junk food berlebihan dalam jangka panjang sangat berbahaya bagi tubuh. Junk food dapat memicu resiko timbulnya berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol tinggi hingga penyakit jantung. Selain itu, junk food juga menjadi salah satu faktor kuat yang memicu obesitas.

Nah, untuk menghindari junk food yang membahayakan kesehatan, kenali ciri-cirinya seperti berikut:

  • Rendah kandungan serat
  • Rasanya sangat lezat
  • Mengandung banyak kalori dalam jumlah makanan yang sedikit
  • Kaya kandungan lemak
  • Banyak mengandung gula dalam bentuk cairan

Junk food sendiri juga sangat digemari anak-anak. Ditambah lagi, setelah mereka melihat iklan-iklan snack di televisi yang sangat menarik dan menggiurkan. Sebuah penelitian di University of Liverpool di Inggris pada 2015 mengungkapkan anak-anak berusia 9 sampai 11 tahun cenderung makan lebih banyak setelah mereka menonton iklan makanan, dibandingkan jika mereka melihat iklan mainan.

Junk food menjadi musuh dalam selimut yang mematikan
Junk food menjadi musuh dalam selimut yang mematikan

Meski demikian, sebenarnya junk food dapat dihindari, lho. Ada trik-trik yang bisa kita lakukan seperti mencari restoran dengan menu makanan yang lebih sehat, serta memilih produk makanan yang rendah gula, dan juga mengurangi menonton televisi, baik bagi Anda sendiri maupun sang buah hati. Sebab, banyak iklan junk food di televisi yang terlihat sangat menggoda dan menarik Anda untuk membelinya.

Kesehatan itu sangat penting, kita bahkan bisa menyebutnya investasi untuk masa depan. Tubuh yang sehat adalah jaminan kita bebas beraktivitas, bukan? Hindari junk food dan ikuti pola makan yang sehat ya, B’timers!

Share This Article