Kenal dan Waspadai, Nyamuk Pembawa Virus Zika | Breaktime
Kenal dan Waspadai, Nyamuk Pembawa Virus Zika
03.10.2016

Hai, B’Timers! Apakah Anda menjaga kesehatan Anda dan keluarga dengan baik? Dengan semakin bermunculannya penyakit-penyakit baru yang menular dan mematikan, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan agar Anda sekeluarga tidak terjangkit penyakit-penyakit menular. Baru-baru ini, Anda tentunya telah mengetahui keberadaan penyakit demam Zika yang baru-baru ini santer diberitakan oleh media. Penyakit demam ini ternyata disebabkan oleh virus Zika yang dibawa oleh aktor lama, yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Yuk mari kita mengenalnya lebih dekat.

Nyamuk Aedes Aegypti adalah nyamuk yang berasal dari dataran Afrika, namun dia juga dapat ditemukan di daerah tropis maupun sub-tropis di segala penjuru dunia. Anda dapat mengenali nyamuk ini melalui  ciri khas berupa bintik-bintik putih yang tersebar di bagian kaki dan di bagian atas dari thorax.

Terlepas dari penampilan dan motifnya yang unik, nyamuk ini merupakan inang pembawa virus-virus yang mengakibatkan penyakit demam yang mematikan, yaitu virus dengue yang mengakibatkan demam berdarah, virus chikungunya yang mengakibatkan demam chikungunya, virus demam kuning yang mengakibatkan demam kuning, dan virus Zika yang mengakibatkan demam Zika. Nyamuk ini menyebarkan penyakit demam Zika melalui gigitan dan disebarkan oleh nyamuk betina. 

Kenal dan Waspadai, Nyamuk Pembawa Virus Zika | Breaktime
virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk

Nyamuk pembawa virus Zika ini menyukai air bersih yang menggenang untuk berkembang biak, seperti di ember yang berisi air, bak air yang tidak ditutup, air vas bunga, dan air yang menggenang di cekungan ban. Peneliti mengungkapkan bahwa terdapat kandungan kimia yang terdapat di dalam air yang menggenang tersebut yang menstimulasi nyamuk betina Aedes Aegypti untuk bertelur.

Telur nyamuk Aedes Aegypti ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi yaitu satu tahun dalam keadaan kering, sehingga nyamuk muda dapat tetap hidup setelah melalui musim dingin atau musim kemarau panjang.

Dengan mengenali nyamuk betina Aedes Aegypti yang membawa virus Zika , Anda dapat mencegah Anda dan keluarga dari terjangkit penyakit demam Zika. Saat musim hujan selalu tutup tempat penampungan air dan taburkan bubuk abate di dalam bak air untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. (dk)

Share This Article