Kelelahan karena Aktivitas Harian, Apa Efeknya? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Kelelahan karena Aktivitas Harian, Apa Efeknya?
21.11.2015
“Hai dok.saya nabila,saya ingin konsultasi soal kesehatan saya yang mudah kecapekan. karna saya sekolah dari 06:30 sampai 15:00 kadang ditambah kerja kelompok sampai jam 17:00 karna itu saya sering telat makan.disaat saya lapar sya cm ngemil jajanan kecil sprti snack² . masalah saya.. saya spulang sekolah dan selepas mandi..badan saya serasa pegal.lalu badan saya selalu hangat.Apakah itu wajar kalau temperatur badan saya hangat setiap hari?cara mengatasi nya bagaimana?”,
Nabila Jazilia, Perempuan, (16), Bekasi

Hangat, berapa temperaturnya? Apakah sudah diukur?

Seringnya badan Anda terasa pegal bisa jadi disebabkan karena banyaknya aktivitas harian yang  tidak diimbangi dengan jumlah asupan makanan yang seimbang.  Selain itu sering telat makan dapat menyebabkan sakit maag atau disebut juga Gastritis. Gejala gastritis antara lain rasa perih di ulu hati atau rasa penuh dan cepat kenyang sesaat setelah makan, bisa juga mual, dan muntah.  Dan badan selalu panas, bisa jadi disebabkan Anda kekurangan asupan cairan atau air putih. Untuk aktivitas Anda yang padat perlu diusahakan untuk:

  • Usahakan selalu makan teratur (bisa dengan makan porsi sedikit-sedikit namun dengan jumlah yang sering). Jumlah asupan makanan ini harus seimbang dengan banyaknya aktivitas fisik, sehingga kesehatan Anda tetap terjaga.
Kelelahan karena Aktivitas Harian, Apa Efeknya? | Breaktime
Kopi harus dihindari penderita gastritis
  • Hindari mengonsumsi makanan yang bisa menimbulkan rasa sakit pada lambung, seperti makanan yang pedas, asam, mengandung kafein atau kopi, serta soda.
  • Kurangi stress, dengan manajemen stres yang baik
  • Selain asupan makanan yang seimbang dan teratur, konsumsi air putih harus tetap terjaga. Konsumsi air putih yang cukup yaitu kurang lebih 1 liter per hari.

Selain itu, usahakan untuk tidak makan menjelang tidur. Setidaknya makan malam harus dilakukan 2 jam sebelum tidur. Hindari pula makan dalam porsi banyak sekaligus karena akan memicu rasa sakit pada lambung. Apabila gejala tak juga berkurang setelah meakukan hal-hal tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli.

Semoga bermanfaat.

Share This Article