Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos ataukah Fakta? | Breaktime
Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos ataukah Fakta?
04.12.2016

Musim hujan selain dapat mengundang suasana hati yang mendung, juga dapan membuat kita mudah terserang penyakit. Eits, tapi benarkah seperti itu, B’timers? Oh, don’t be so ridiculous! Rain can’t make you sick, germs make you sick! Tapi kenapa setiap kali kita baru saja kehujanan, tak lama tubuh merasa sedikit demam dan hidung pun mulai mampet. Nah, simak jawabannya berikut ini, B’timers!

Alasan mitos hujan bawa penyakit berkembang

Tampaknya hujan atau cuaca dingin memang telah lama dihubungkan dengan penyakit, seperti flu atau demam. Namun sebenarnya bukan hujan yang membawa kuman penyakit, B’timers, melainkan bakteri serta virus yang terbawa hujan. Ditambah dengan suhu yang dingin, tubuh semakin mudah tertular oleh penyakit musiman ini.

Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos ataukah Fakta? | Breaktime
Berdekatan dengan orang yang flu bisa bikin kita mudah sakit

Dingin bikin orang-orang malas keluar ruangan

Virus flu cenderung lebih mudah menyerang ketika cuaca dingin atau hujan. Inilah yang membuat orang-orang memilih untuk tinggal di dalam ruangan daripada harus berbasah-basahan. Dan mungkin Anda tak menyadarinya. Berada terlalu dekat dengan orang lain memudahkan virus ataupun bakteri berpindah ke tubuh Anda. Virus flu akan sangat mudah menyebar di saat seperti ini.

Suhu tubuh cenderung menurun secara drastis

Ketika Anda kehujanan, suhu tubuh akan langsung turun dengan drastis, B’timers. Menurut penelitian, cuaca dingin serta hujan sudah cukup membuat suhu tubuh Anda turun, hingga hipotermia. Apalagi jika pakaian Anda pun ikut basah. Hipotermia tak hanya membuat suhu tubuh menurun, tetapi juga sistem kekebalan akan menurun, lho.

Tips untuk mengatasi penyakit saat musim hujan

Latihan kardiovaskular terbukti dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini taka da hubungannya dengan seperti apa kondisi cuaca saat itu, B’timers. So, jika Anda ingin menjaga kesehatan meski musim hujan telah datang, luangkan waktu untuk berolahraga. Takut kehujanan? Anda toh dapat berolahraga di dalam ruangan, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE