Kebutuhan Tidur Siang untuk Siswa? Ini Faktanya! | Breaktime
Kebutuhan Tidur Siang untuk Siswa? Ini Faktanya!
01.10.2016

Saat anak masih kecil, kita selalu menyuruh mereka untuk tidur siang. Bahkan sampai harus marah dulu pada mereka. Iya, kan, B’timers? Namun ketika anak sudah semakin beranjak dewasa, sebagai orangtua, kita mengikutkan buah hati ke kelas tambahan. Kita tidak lagi mempedulikan jam tidur siang anak-anak lagi. Padahal mereka masih tetap membutuhkannya. Berikut fakta tidur siang untuk siswa, B’timers!

Kebutuhan Tidur Siang untuk Siswa? Ini Faktanya! | Breaktime
Jadwalkan tidur siang untuk buah hati Anda

Meningkatkan kesehatan siswa

Kurang tidur dapat menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol dikenal juga sebagai hormon stres. Nah, jika tubuh seseorang terlalu banyak kadar kortisol, dapat meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan otot dan lemak perut.

Meningkatkan kemampuan belajar

Dengan tidur siang, memori otak kita akan meningkat, B’timers. Jika Anda mendapatkan siswa kesulitan menyelesaikan tugas, sebenarnya bukan karena mereka tidak bisa mengerjakannya. Mereka hanya perlu tidur siang sejenak untuk mengembalikan konsentrasi, B’timers.

Baca juga : TIPS TINGKATKAN PRODUKSI AIR SUSU UNTUK IBU BARU

Mempengaruhi memori jangka pendek

Salah satu fakta tidur siang untuk siswa adalah dengan 10 – 20 menit tidur siang, dapat meningkatkan kewaspadaan. Tak hanya itu saja, tidur siang juga mampu meningkatkan memori siswa sepanjang hari, B’timers. Hal ini penting, terutama saat akan menghadapi ujian.

Mengurangi perubahan suasana hati

Anak Anda mudah tersinggung di siang hari? Wah, perubahan suasana hatinya yang tiba-tiba, itu karena mereka kurang tidur, B’timers. Dan tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, kekurangan tidur pada anak-anak juga bisa dengan mudah mempengaruhi suasana hati.

Mencegah rasa lelah yang berlebihan

Nah, meskipun anak-anak sering menolak untuk tidur siang karena masih ingin bermain atau menonton televisi, jangan berikan izin, B’timers. Berdasarkan penelitian, memaksakan tubuh beraktivitas sepanjang hari, justru dapat mengurangi produktivitas anak-anak, lho.

Setelah mengetahui fakta tidur siang untuk siswa, sebaiknya jadwalkan anak-anak untuk rutin tidur siang meski hanya 20 menit, ya, B’timers? (NO)

Share This Article