Kebiasaan Minum yang Paling Sering Dilakukan, Tapi Ternyata Keliru | Breaktime
Kebiasaan Minum yang Paling Sering Dilakukan, Tapi Ternyata Keliru
17.09.2015

B’timers pasti tahu bahwa kita dianjurkan minum delapan gelas air putih per hari. Hal ini bertujuan untuk menghidrasi tubuh dan membantu agar kerja tubuh optimal. Namun, ternyata selama ini kita sering salah dalam mempraktikannya.

#1 Minum air ketika berolahraga, tapi tidak sebelumnya

Merasa haus saat berolahraga adalah hal wajar karena tubuh mengeluarkan banyak cairan keringat. Ketika haus, otomatis Anda pasti akan minum air putih. Namun, meskipun telah meminum air selama olahraga, tak jarang Anda akan mengalami sakit kepala. Hal tersebut disebabkan karena tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Untuk itu, minumlah sedikitnya segelas air setengah jam sebelum olahraga.

#2 Memaksakan delapan gelas air perhari

Sesuai anjuran, delapan gelas air perhari memang sangat baik untuk tubuh. Namun, kebutuhan tubuh akan air sebenarnya bergantung pada berat badan seseorang. Terlebih lagi, makanan yang Anda konsumsi seperti buah, sayur, nasi, bahkan roti pasti mengandung air.

#3 Menghindari kopi dan teh

Banyak yang percaya kopi dan teh merupakan minuman penyebab dehidrasi. Meskipun kandungan kafein dalam kopi dan teh memiliki efek diuretik, namun meminum kopi dan teh tak akan mengakibatkan dehidrasi mengingat kandungan airnya yang tinggi. Jadi, meminum kopi dan teh masih lebih baik daripada Anda tidak mengonsumsi air sama sekali.

Segelas kopi lebih baik dibanding tidak minum sama sekali
Segelas kopi lebih baik dibanding tidak minum sama sekali

#4 Minum hanya saat haus

Kebanyakan orang hanya minum saat mereka merasa haus saja. Salah satu contohnya adalah ketika berolahraga dan kepanasan. Padahal, meskipun hanya Anda duduk di belakang meja kerja, tubuh tetap membutuhkan cairan. Tak hanya dehidrasi, kekurangan air juga dapat mengakibatkan Anda mengalami batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Segelas air sebelum dan setelah tidur sangat baik bagi tubuh
Segelas air sebelum dan setelah tidur sangat baik bagi tubuh

#5 Tidak minum sebelum dan setelah tidur

Minum sebelum dan setelah bangun tidur sering kali diabaikan karena merasa tidak haus. Padahal kebiasaan minum sebelum dan setelah tidur sangat baik bagi tubuh. Segelas air sebelum tidur akan menurunkan risiko stroke dan serangan jantung serta dapat mendetoksifikasi tubuh melalui urine yang Anda keluarkan pagi harinya. Sedangkan segelas air ketika bangun tidur akan memenuhi kebutuhan air yang hilang ketika Anda tidur. Tak hanya itu, minum air ketika bangun tidur juga akan mengaktifkan kembali organ dalam yang beristirahat ketika Anda tertidur.

Nah, mulai saat ini, hindari kebiasaan-kebiasaan minum yang salah tersebut ya, B’timers!

Share This Article