Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur | Breaktime
Kebiasaan Mendengkur Sulit Hilang? Do This!
30.12.2015

B'timers pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mendengkur bukan? Ya, suara tenggorokan yang sangat menggangu ini sering kali kita dengarkan dari orang-orang yang mengalami hari yang berat. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, mendengkur terjadi karena posisi tubuh saat tidur yang kurang benar, sehingga pita suara bergetar saat udara berhembus dari paru-paru.

Orang yang melakukannya tidak akan sadar saat dirinya sedang mendengkur, namun dampak jangka panjangnya akan terjadi apabila kebiasaan ini tidak dihentikan mulai sekarang. Apabila Anda sering kali mendapat keluhan dari orang sekitar karena mendengkur dan ingin menghilangkan kebiasaan tersebut, berikut tipsnya :

Hindari menunda jam tidur

Menunda jam tidur atau sampai tidak tidur sama sekali adalah salah satu penyebab mengapa seseorang mendengkur. Mendengkur berawal dari kelelahan yang berkepanjangan dan akhirnya bisa menyebabkan Anda mengalami sesak nafas. Oleh karena itu, hindari tidur terlalu malam.

Jangan minum kopi

Mungkin tidak semua orang yang meminum kopi mengalaminya, hanya saja kandungan kafein pada kopi bisa membuat orang terjaga lebih lama. Saat seseorang terjaga, maka jam tidurnya akan berkurang dan akhirnya menderita insomnia. Sekalinya tidur, mereka akan mendengkur hebat, jadi usahakan untuk menghindarinya.

Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur | Breaktime
Permen yang mengandung mint bisa membantu menghilangkan kebiasaan ini

Melancarkan hidung

Pilek atau penggangu yang lain di area hidung juga membuat seseorang mendengkur. Mendengkur pada dasarnya memang dikarenakan karena area pernafasan terganggu, jadi sebelum tidur bersihkan area hidung dengan obat pelancar atau permen mint, agar sirkulasi pernafasan lancar.

Minum banyak air

Air adalah salah satu dari sekian banyak kebutuhan tubuh yang wajib dipenuhi. Peran air pada tubuh adalah membantu meringankan organ hati dalam menyaring racun atau kotoran yang bersaran di dalam tubuh. Usahakan dalam sehari Anda mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 3,7 liter air untuk pria, dan 2,7 liter untuk wanita.

Bersihkan bantal Anda

Apabila Anda menggunakan bulu angsa atau kapuk sebagai bantal Anda, sangat dianjurkan untuk menjemurnya dua minggu sekali. Kedua jenis bantal ini sangat mudah sekali kotor dan dihinggapi tungau debu. Apabila terhirup kedalam hidung bisa membuat tenggorokan terganggu.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur. Selamat mencoba B'timers. (wsu)

Share This Article