Kebiasaan Baik untuk 2016 Lebih Sehat | Breaktime
Kebiasaan Baik untuk 2016 Lebih Sehat
29.12.2015

Tak terasa tahun 2015 akan segera berakhir. Namun, sudahkah Anda menerapkan pola hidup sehat selama 2015 berlangsung? Jika belum, jadikanlah hidup sehat sebagai resolusi Anda. Untuk memulainya, lakukan kebiasaan sehat berikut.

Berbelanja

Hidup sehat dapat diawali dengan cara pengaturan pola makan. Nah, untuk mengatur pola makan Anda, atur pulalah belanjaan Anda. Tulis daftar belanjaan sebelum Anda pergi berbelanja. Pilih hanya makanan sehat saja, seperti daging dan sayur organik, serta rempah-rempah segar. Biasakan untuk langsung keluar begitu daftar belanjaan Anda telah terpenuhi.

Atur pola makan

Selama ini, kebanyakan dari kita akan makan dua kali sehari dengan porsi besartiap kali makan. Ubah kebiasaan ini dengan cara makan lebih sering, namun dengan porsi yang jauh lebih sedikit. Anda bisa membiasakan makan 5 hingga 6 kali perhari, dengan sarapan, makan siang dan makan malam, serta snack diantaranya. Makan lebih sering akan meningkatkan metabolism, sehingga kebutuhan energi akan tetap terjaga.

Kebiasaan Baik untuk 2016 Lebih Sehat | Breaktime
Tentukan menu makanan mulai dari keranjang belanja Anda

Konsumsi kubis lebih sering

Kubis merupakan salah satu makanan sehat yang dapat menjadi pembersih alami dalam tubuh. Selain itu, kubis juga dapay membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, serta mencegaj kanker. Mengonsumsi kubis akan membuat tubuh terasa lebih ringan, energik, dan sehat.

Aktif bergerak

Keringat adalah salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Agar berkeringat Anda tentu harus aktif bergerak. Mulailah pagi dengan lari atau bersepeda di sekitar rumah. Anda juga bisa memilih tangga dibanding lift ataupun escalator untuk naik dan turun ketika makan siang di kantor

Kebiasaan Baik untuk 2016 Lebih Sehat | Breaktime
Atur napas untuk membuat energi mental dan spiritual lebih stabil

Perkuat tubuh

Anda bisa melatih otot untuk memperkuat tubuh, namun bukan untuk meningkatkan massa otot, melainkan untuk menjaga berat badan Anda. Berat badan ideal merupakan kunci hidup sehat. Lakukan squat dan pushup tiap hari. Lakukan sebanyak Anda bisa, istirahat 40 detik, kemudian ulangi. Dalam seminggu Anda bisa melakukannya 3 hingga 5 kali dengan durasi 30 menit per sesi.

Mengatur napas

Membiasakan hidup sehat, bukan hanya mengontrol kesehatan fisik saja. Anda juga harus menjaga stabilitas energi mental dan spiritual yang dikendalikan oleh pernapasan. Ambil napas dalam-dalam sepanjang hari untuk meningkatkan energi, mengurangi stres, serta mengatur tekanan darah.

Nah, sudah siap untuk menyambut tahun 2016 yang lebih sehat, B’timers? (dfr)

Share This Article