Kapan Usia Paling Ideal untuk Menikah? | Breaktime
Kapankah Usia Paling Ideal untuk Menikah dan Punya Anak?
30.10.2015

“Kapan nikah?” dibalik keisengan sejumlah orang yang melontarkan pertanyaan ini, sebenarnya juga membuat kita berpikir, kapankah usia ideal untuk menikah. Yap, sebab usia ideal untuk menikah itu ideal dengan kematangan mental dan fungsi organ seksual, lho.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menyarankan usia ideal untuk seorang wanita menikah adalah antara 20 hingga 21 dan 25 tahun untuk pria. Namun, kenyataanya ada banyak sekali orang yang sudah melampaui usia ini dan tak kunjung menemukan belahan hati yang pas untuk diajak mengarungi kehidupan rumah tangga.

Akibatnya, sejumlah orang pun lebih memilih untuk menunda usia pernikahan hingga terkadang masuk “fase terlambat”. Jadi, kapankah fase telat nikah itu datang? Sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Erasmus University Medical Center yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction menghubungkannya dengan faktor kesuburan.

Kapan Usia Paling Ideal untuk Menikah? | Breaktime
Usia ideal menikah memungkinkan Anda memiliki jumlah buah hati sesuai keinginan

Setidaknya, ada empat faktor yang menandakan seseorang mengalami fase telat nikah, yakni hamil di usia tua, tak bisa hamil lagi, lewat dari masa subur, dan kesulitan hamil dengan metode IVF (in vitro fertilization).

Selanjutnya, tim peneliti juga memberikan prediksi usia hamil yang ideal bagi sejumlah pasangan. Pasangan yang ingin memiliki seorang anak dengan kemungkinan hamil hingga 90% sebaiknya menikah sebelum usia 30 tahun atau sang istri sudah hamil sebelum usia 32 tahun. Bila Anda dan pasangan ingin memiliki setidaknya dua orang anak, sebaiknya seorang wanita menikah sebelum ia berusia 27 tahun dan hamil sebelum usia tersebut.

Untuk peluang keberhasilan kehamilan hingga 75%, menikah dan hamil sebelum usia 37 tahun dapat menghasilkan satu orang keturunan. Bila Anda menginginkan dua orang anak, menikahlah sebelum usia 34 tahun, dan jika menginginkan tiga orang anak, B’timers bisa menikah sebelum usia 31 tahun.

Nah, bagaimana? Di rentang usia berapakah Anda saat ini dan berapakah jumlah anak yang B’timers inginkan? Akan lebih baik memang bila B’timers saat ini lebih banyak menata langkah, memperbaiki diri, dan mempersiapkan keinginan menikah dengan lebih serius.

Jangan lupa pula untuk selalu berdoa dengan sungguh-sungguh agar Tuhan memberikan Anda pendamping terbaik yang darinya lahirlah anak-anak lucu dan menentramkan hati. Selamat berjuang menemukan sosok ayah ataupun ibu ideal bagi anak-anak Anda nanti ya, B’timers!

Share This Article