Kapan Sih Waktu yang Tepat Buat Minum Kopi? Intip Infonya Yuk | Breaktime
Kapan Sih Waktu yang Tepat Buat Minum Kopi? Intip Infonya Yuk
23.06.2018

Breaktime.co.id - Mengkonsumsi kopi agar membuat badan kembali berenergi itu sah-sah saja, apalagi kalo kamu merasa lemes dan ngantuk, boleh kok konsumsi kopi agak bisa semangat lagi. Tapi, kamu juga perlu perhatikan waktu yang baik untuk minum kopi agar gak kecanduan.

Nah, di dalam tubuh kita ada hormon yang bernama Kortisol. Hormon Kortisol ini adalah hormon yang menyediakan energi dan mengendalikan stres. Makanya hormon Kortisol ini bisa membuat tubuh lebih terjaga dan bertenaga serta membantu proses metabolisme tubuh dan menjaga tekanan darah.

Hormon Kortisol ini punya waktu tertentu saat mencapai puncaknya. Waktu puncak hormon Kortisol bekerja adalah pukul 8.00 - 9.00 pagi, 12.00 - 13.00 siang, dan 17.00 - 18.00 sore.

Nah, pada waktu hormon Kortisol sedang mencapai puncaknya seperti jam-jam di atas, sebenarnya kamu gak perlu minum kopi gaes. Karena ya itu, Hormon kortisol bisa memberi energi pada tubuh dan mengendalikan stres tanpa bantuan apapun. Nah, kamu bisa menyasati minum kopi di sela jam-jam di atas.

Waktu jeda di sela jam puncak hormon Kortisol itu, kamu bisa meminum kopimu, karena saat waktu jeda itu hormon Kortisol sedang tidak pada puncaknya. Waktu jedanya adalah 10.00 - 11.00, 14.00 - 16.00, dan 19.00 ke atas.

Kenapa kamu perlu memperhatikan waktu minum kopimu? Hal ini agar kamu gak ketergantungan dengan kafein dalam kopi. Kalo kamu salah memilih waktu dan meminum kopi saat hormon Kortisolmu sedang berada pada puncaknya, dan hal itu kamu lakukan terus menerus, hal ini akan membuat tubuhmu menjadi terbiasa butuh tambahan kafein saat hormon Kartisol sedang pada puncaknya.

Nah, itu dia info tentang waktu yang tepat untuk minum kopi. Catat dan diingat ya jangan sampai lupa dan bikin kamu malah kecanduan kafein berlebih.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE