Kalau Kamu Pikir Jakarta Kumuh, Jangan Kaget Sama Kawasan Ini! | Breaktime
Kalau Kamu Pikir Jakarta Kumuh, Jangan Kaget Sama Kawasan Ini!
27.02.2018

Daerah bantaran kali, tempat pembuangan akhir sampah, dan pinggiran kota merupakan kawasan yang sering kali kita cap kumuh, khususnya di Jakarta. Di antara megahnya gedung-gedung perkantoran di Jakarta, kawasan kumuh tentunya menjadi sorotan. Tapi tahukah kamu kalau masih ada kawasan yang lebih kumuh dari Jakarta? Yuk, kita bahas dan siap-siap untuk selalu bersyukur ya.

Kibera, Nairobi, Kenya


Kibera, Nairobi, Kenya (image-wipimedia.org)

Kibera, daerah kawasan kumuh terbesar ke tiga di dunia dan paling besar di Afrika. Dihuni sekitar 700 ribu orang membuat daerah ini tentunya semakin padat. Penduduk di sini pun berpenghasilan rata-rata hanya Rp13.000 / hari. Bayangkan! Sebagian besar bahkan tidak punya pekerjaan alias menganggur. Kalau tanah di rumah kamu merupakan tanah yang sesungguhnya, kalau di sini tanahnya terbuat dari tumpukan sampah! Gimana nggak jadi sarang penyakit, bahkan penyakit HIV menyebar luas di sini :)

Rocinha, Rio de Janiero, Brazil


Rocinha, Rio de Janiero, Brazil (image-diarioonline.com)

Ternyata ada kawasan kumuh di balik tempat penyelenggaraan Olimpiade 2016 kemarin, loh. Dihuni oleh 200 ribu orang makin membuat beberapa kawasan di kota ini termasuk yang paling kumuh. Padahal rata-rata penghasilan penduduk di kawasan kumuh ini udah mencapai $240, kok. Karena penghasilan penduduk di kota ini termasuk yang paling lumayan di antara kota - kota kumuh lainnya di negara lain. Tapi masih kumuh begini ya bikin sedih :(

Khayelitsha, Cape Town, Afrika Selatan


Khayelitsha, Cape Town, Afrika Selatan (image-kaskus.id)

Bersyukurlah kamu yang punya toilet di rumah, atau masih bisa dengan bebas menemukan banyak toilet di tempat umum. Khayelitsha merupakan kawasan kumuh yang sangat sulit dijumpai toilet di sana. Udah kebayang kan di mana air besar dan air kecil bisa kamu temukan di mana saja! Kawasan ini dihuni oleh lebih dari 400 ribu orang. Walaupun kalian sulit menemukan toilet, tempat ini katanya masih lebih baik daripada wilayah Kibera.

Dharavi, Mumbai, India


Dharavi, Mumbai, India (image-indianexpress.com)

Wajar kalau kawasan yang dihuni oleh 1 juta penduduk ini sangat sulit ditata. Kawasan ini juga udah terkenal banget, karena menjadi salah satu kawasan ter-kumuh di India. Pemasalahan yang ditemukan juga kompleks, mulai dari kebersihan, sanitasi, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi.

Makoko, Lagos, Nigeria


Makoko, Lagos, Nigeria (image-mydnigeria.com)

Kawasan kumuh yang terletak di daerah terapung ini dihuni sekitar 100-400 ribu orang. Biasa juga disebut Venesia, tapi Venesia-nya Afrika hehe. Sanitasi dan sampah jadi masalah utama di sini. Katanya sih pemerintahnya punya rencana buat menata kota ini. Ya, semoga aja bisa jadi lebih baik.

Kawasan kumuh yang ada di atas jadi bikin kamu justru bersyukur sama hidup kan? Tapi jangan terlena ya. Mentang-mentang udah tinggal di lingkungan yang bersih tetap harus dijaga dan dirawat kebersihannya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE