Kadar Kolesterol Tinggi? Awas, Ini Akibatnya | Breaktime
Kadar Kolesterol Tinggi? Awas, Ini Akibatnya
29.04.2017

B’Timers semakin bertambah usia Anda, Anda tentunya diharapkan untuk dapat mengambil keputusan-keputusan yang bijak dalam hidup Anda, salah satunya adalah keputusan dalam menentukan gaya hidup. Contohnya jika di masa remaja Anda memiliki kebebasan yang tak terbatas untuk menyantap makanan junk food dan makanan cepat saji, maka saat Anda menginjak usia di atas 20 tahun maka Anda perlu untuk menghindari atau paling tidak membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut, karena apalagi jika bukan untuk mencegah kadar kolesterol melonjak tinggi. Hingga saat ini jumlah dari penderita penyakit jantung, diabetes, dan penyakit stroke semakin meningkat, hal tersebut dikarenakan masih banyak masyarakat modern yang mengabaikan bahaya dari kadar kolesterol yang tidak terkontrol. Nah, yuk segarkan dulu ingatan tentang penyebab sekaligus bahaya dari kadar kolesterol tinggi.

Baca juga: WASPADAILAH! INI TANDA-TANDA PENYAKIT KOLESTEROL

First of all, kolesterol adalah suatu zat lemak di dalam aliran darah yang keberadaannya sangat penting bagi tubuh. Lemak kolesterol dibutuhkan untuk membantu pembentukan sel-sel tubuh. Kolesterol secara alami telah ada di dalam tubuh Anda dan diproduksi oleh organ hati.

Tubuh Anda juga bisa mendapatkan lemak kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi, mainly berupa produk hewani seperti daging dan full-fat dairy products. Selama kadar kolesterol di dalam tubuh Anda berada di batas yang wajar maka kolesterol tidak akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan.  Nah, masalah baru timbul ketika tubuh Anda terdeteksi memiliki kadar kolesterol tinggi.

Baca juga: INI CARA CEPAT TURUNKAN KOLESTEROL DENGAN ALAMI!

Kolesterol terbagi atas 2 jenis, yaitu kolesterol LDL yang sering disebut dengan “kolesterol jahat”, dan kolesterol HDL yang merupakan jenis “kolesterol baik”. Kolesterol LDL merupakan jenis kolesterol yang beredar di dalam peredaran darah untuk diserap oleh tubuh, sedangkan kelebihan dari lemak tersebut akan menempel di pembuluh darah arteri sebagai lemak cadangan.

Sedangkan lemak HDL diproduksi oleh hati untuk membawa lemak LDL yang mengendap di pembuluh darah dan mengembalikannya ke organ hati untuk kemudian oleh hati diproses menjadi cairan empedu yang kemudian akan dikeluarkan dari tubuh melalui air seni. 

Kadar Kolesterol Tinggi? Awas, Ini Akibatnya | Breaktime
Perhatikan gaya hidup untuk kontrol kadar kolesterol

Terdeteksinya kadar kolesterol yang tinggi merupakan tanda bahwa terdapat kadar kolesterol LDL yang berlebihan, dan di saat yang sama kadar lemak HDL rendah. Lemak LDL yang menempel dan menumpuk di pembuluh arteri akan mengeras dan membentuk gumpalan-gumpalan lemak (clots). Sebagai akibatnya, pembuluh darah pun akan mengalami penyempitan dan menghambat (atau bahkan memblokir total) pasokan oksigen dalam darah ke seluruh organ-organ tubuh.

Dan pastinya kita sudah dapat menebak akibatnya, bukan? Jika penyumbatan tersebut terjadi pada pembuluh darah menuju ke jantung, Anda akan terekspos bahaya terkena penyakit jantung. Penyebabnya adalah karena otot-otot jantung mulai melemah akibat tidak terpenuhinya pasokan oksigen yang dibutuhkan. Apabila tidak dilakukan tindakan operasi pembersihan pembuluh darah atau perubahan gaya hidup, tak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mengalami kerusakan jantung permanen hingga kematian. Hal yang sama juga dapat menimpa otak, dimana penyumbatan di pembuluh darah menuju otak dapat mengakibatkan stroke.

Baca juga: MAKANAN SERTA SAYURAN PENURUN KOLESTEROL TINGGI!

Seram ya, B’Timers? Maka dari itu, sangatlah penting untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin. Selain itu kadar kolesterol tinggi juga dapat dikontrol dengan memperbaiki pola hidup, termasuk pola makan. Which means, jauhi atau paling tidak kurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng dan makanan yang berlemak. Perbanyak konsumsi makanan berserat, dan jauhi aktivitas merokok. Dan jangan lupa untuk meluangkan waktu paling tidak 30 menit setiap hari untuk berolahraga, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE