Kabar Baik Mencegah Kanker Serviks Lebih Mudah | Breaktime
Kabar Baik Mencegah Kanker Serviks Lebih Mudah
17.11.2017

Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang paling menghantui setiap kaum wanita. Kanker serviks disebut juga kanker leher rahim, dimana di sana adalah lokasi berkembangnya sel kanker secara tidak terkontrol. Kanker ini desebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus (HPV). Penularannya lebih sering dari hubungan seks, baik dengan cara anal, oral, ataupun vaginal. Wanita yang memiliki HPV dalam tubuhnya, ditambah dengan gaya hidup yang buruk lebih berkemungkinan besar untuk menderita kanker serviks. Namun, kini telah ada cara mencegah kanker serviks.

Kebanyakan kasusnya baru ditemukan setelah mengalami stadium lanjut. Ini karena di stadium awal, kanker serviks memang tidak menimbulkan gejala tertentu. Padahal jika terdeteksi lebih dini, punya peluang lebih besar untuk sembuh. Kanker serviks bisa menyerang wanita manapun. Untuk itu lebih baik waspada sejak dini untuk mecegah ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sakit Pinggang Sebelah Kiri; Berbahayakah?

Meski termasuk jenis kanker paling mematikan bagi wanita, kanker serviks menjadi yang paling mudah dicegah sejak awal. Sebelum menjadi kanker, penyakit ini harus melewati satu tahan yaitu pre kanker. Pada masa ini,  jaringan serviks atau leher rahim memang belum terserang sel-sel kanker, namun jaringan di sekitarnya sudah mulai tumbuh secara abnormal. Tahapan ini membutuhkan waktu sekitar 10 tahun atau lebih untuk menjadi kanker yang mematikan.

Nah, pada masa ini bisa dilakukan pencegahan. Ada beberapa tahapan pencegahan yang bisa dilakukan. Mulai dari rajin melakukan pemeriksaan pap smear. Ini adalah metode screening yang berfungsi untuk mendeteksi sel-sel dalam leher rahim yang berpotensi menjadi kanker nantinya. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear pertama kali pada usia 21 tahun, terlepas apakah Anda sudah pernah berhubungan seksual atau belum. Tapi, jika usia Anda sudah lebih dari 21 tahun, Anda belum terlambat untuk segera melakukan pemeriksaan ini.

Kabar Baik Mencegah Kanker Serviks Lebih Mudah | Breaktime
Mencegah kanker serviks dengan vaksin HPV
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mencegah Diabetes Turunan lewat Hidup Sehat

Untuk usia 21 – 30 tahun disarankan melakukan pemeriksaan ini setiap 3 tahun sekali. Sedangkan untuk usia di atas 30 tahun, melakukannya setiap 5 tahun sekali. Ini menjadi cara efektif mencegah kanker serviks sejak dini. Lalu, lakukanlah tes HPV untuk memeriksa ada atau tidak virus ini dalam tubuh Anda. Namun, biasanya tes ini dilakukan ketika tes pap smear tidak normal.

Setelah itu sampailah pada tahap vaksi HPV. Vaksin ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya infeksi HPV dalam tubuh. Hebatnya lagi, vaksin HPV juga bisa diberikan pada anak-anak usia 11 tahun sampai 26 tahun dan 21 tahun bagi laki-laki. Bahkan WHO menyebutkan untuk setiap negara memberikan vaksin HPV secara gratis agar bisa dijangkau oleh setiap warganya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sudah Tahu Pengertian Multiple Sclerosis?

Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa pencegahan yaitu dengan menghindari hubungan seksual secara bebas, meninggalkan kebiasaan merokok, menerapkan pola hidup sehat, menjaga berat tubuh tetap normal, dan tidak menggunakna pil KB secara berlebihan. Ikuti saja apa yang dianjurkan oleh dokter.

Dengan beberapa cara mencegah kanker serviks tersebut, B’timers tak perlu khawatir lagi terserang virus mematikan itu. Yuk, mulai hidup sehat! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE