Jus Memang Menyehatkan, Tapi… | Breaktime
Jus Memang Menyehatkan, Tapi…
11.09.2015

Jus adalah minuman yang menyehatkan dan bisa membuang racun dalam tubuh. Apakah Anda juga berpendapat sama, B’timers? Selama ini memang banyak beredar informasi serupa yang banyak diyakini kebenarannya. Tapi tak ada salahnya kan, kita mengecek lagi satu persatu informasi tersebut?

Juice cleanse sudah pasti bikin sehat, benarkah?]
Juice cleanse sudah pasti bikin sehat, benarkah?]

Mitos: Minum jus adalah cara terefektif untuk detoksifikasi

Fakta:

Menurut Joy Dubost, pembicara dari Academy of Nutrition and Dietetics di Washington DC, proses penguraian dan pengeluaran racun dalam tubuh sebenarnya terjadi secara alami tanpa membutuhkan makanan atau minuman lainnya. Organ yang berperan dalam melakukan proses tersebut adalah liver, ginjal dan gastrointestinal (GI).

Bahkan, Dr John Buse, M.D, Ph.D dari University of North Carolina juga heran kenapa banyak orang melakukannya, padahal tidak ada bukti secara ilmiah bahwa jus dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

Mitos: Melakukan detoksifikasi dengan jus bisa meningkatkan energi

Fakta:

Joy Dubost menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan suatu persepsi salah. Selama ini yang beredar di masyarakat hanyalah trik marketing yang berhasil membuat semua orang berpikiran bahwa minum jus setiap hari bisa meningkatkan energi.

Mitos: Diet jus adalah cara terbaik untuk turunkan berat badan

Fakta:

Sesaat setelah melakukan diet jus, Anda memang akan mengalami penurunan berat badan beberapa kilo. Akan tetapi hal tersebut hanya bertahan sementara karena Anda mengganti konsumsi makanan padat dengan cairan, yang mudah dikeluarkan melalui urine serta keringat. Untuk jangka panjang, hal ini tidak baik bagi kesehatan karena tubuh bisa kekurangan asupan nutrisi pentingnya.

Meski beberapa informasi tersebut ternyata tidak terbukti kebenarannya, bukan berarti jus tak memiliki manfaat apapun untuk tubuh. Masih banyak kok, manfaat jus yang benar-benar teruji secara ilmiah seperti berikut ini:

Menjaga kesehatan usus

Dengan mengonsumsi jus buah atau sayuran, maka makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh dapat lebih mudah dicerna dan berasimilasi melalui usus, sehingga tubuh hanya perlu sedikit mengeluarkan energi. Bahkan dengan cara ini, kesehatan dalam usus serta keseimbangan mikroba di dalamnya juga terjaga.

Banyak juga manfaat dari minum jus
Banyak juga manfaat dari minum jus

Sumber nutrisi

Pastinya, karena bahan dasar jus adalah buah dan sayuran, maka nutrisi yang ada di dalamnya juga sangat beragam dan banyak sekali. Hal tersebut dapat membantu kesehatan tubuh, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Memperbaiki sel

Dengan lebih banyak mengonsumsi makanan nabati, maka dapat membantu sel-sel dalam tubuh untuk bekerja secara optimal. Selain itu, mitokondria dalam tubuh bekerja lebih maksimal dalam menciptakan energi khusus yang bisa melawan radikal bebas dan inflamasi serta mengurangi beberapa hal yang menghambat fungsi DNA.

Yang terpenting, pastikan jus yang Anda konsumsi bukan berasal dari kemasan atau kalengan karena sudah tercampuri banyak pemanis dan pengawet. Buatlah jus sendiri menggunakan sayur dan buah segar, B’timers! 

Share This Article