Jika Pilek Tak Kunjung Sembuh, Hati-Hati Sinusitis | Breaktime
Jika Pilek Tak Kunjung Sembuh, Hati-Hati Sinusitis
04.05.2015

Waspadai Jika Flu Tak Kunjung Sembuh

Pernah merasakan nyeri di bagian tulang pipi atau dahi saat pilek? Hati-hati dengan sinusitis atau peradangan yang menyerang bagian sinus. Di dalam tubuh manusia, sinus memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mengontrol kondisi udara yang keluar masuk melalui saluran pernafasan, penahan suhu, dan juga membantu resonansi pita suara. Tubuh manusia memiliki 4 buah sinus, yaitu maksilaris yang terdapat di dalam tulang pipi, frontalis di dahi, etmohid di belakang batang hidung dan juga spenoid. 

(Baca juga: Minum Kopi Ternyata Pemicu Diare)

Salah satu gejala awal yang menandai bahwa Anda terserang peradangan sinus adalah munculnya lendir berwarna hijau atau kuning dari hidung. Selain itu masih terdapat gejala lainnya seperti halnya deman tinggi, nyeri pada telinga, batuk, nafas berat, kelelahan, dan juga wajah terasa nyeri.

Flu, merupakan salah satu pemicu terjadinya sinusitis
Flu, merupakan salah satu pemicu terjadinya sinusitis

Penyebab utama timbulnya sinus adalah infeksi dari virus. Selain itu ada juga beberapa penyakit yang bisa memicu timbulnya sinusitis seperti sakit gigi dan juga flu yang tak kunjung sembuh. Banyak juga faktor lain yang memicu timbulnya sinusitis seperti penyempitan saluran hidung, asma, alergi sebuk sari, dan juga iritasi terhadap berbagai bahan kimia.  

Saat tubuh sedang terkena flu, virus penyebab sinusitis masuk dan menyerang lapisan rongga sinus. Saat hal ini terjadi sebagai proteksi diri, tubuh akan mengeluarkan lendir dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Nah, lendir yang terperangkap di dalam rongga sinus ini yang akan menjadi tempat untuk berkembangbiaknya bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman tersebutlah yang bisa menyebabkan pembengkakan pada rongga sinus. 

Sebagai pencegahan sinusitis banyak sekali cara yang bisa B’timers lakukan, contohnya memperbanyak konsumsi air putih, sering mandi air hangat, dan melakukan sauna. Hal tersebut dilakukan guna mencairkan lendir yang sulit dikeluarkan. Jika lendir sudah dikeluarkan, maka akan memperkecil ruang lingkup bakteri ataupun virus penyebab sinus untuk berkembang biak.

Share This Article