Jerawat Kecil Ganggu Penampilan, Bagaimana Cara Hilangkannya? | Breaktime
Jerawat Kecil Ganggu Penampilan, Bagaimana Cara Hilangkannya?
11.09.2015
Bagaimana cara menghilangkan jerawat kecil kecil atau beruntusan?







Dwi Ulfah (19), Bandung

Jerawat bentuknya bermacam-macam, mulai dari dari komedo terbuka, komedo tertutup, papula, pustula, nodul, dan kista. Jika dilihat dari bentuknya yang kecil dan beruntusan, kemungkinan jenis ini adalah komedo tertutup. Faktor usia sangat mempengaruhi perubahan hormon dalam diri Anda sehingga memang beberapa orang mengalami hal ini.

Yang dapat Dwi lakukan untuk mengurangi beruntusan ini adalah:

  • Mencuci muka dengan bersih setiap kali usai keluar rumah

Sisa debu dan keringat yang menempel di wajah bisa mengendap di permukaan kulit yang menyebabkan munculnya beruntusan.

  • Jaga kebersihan rambut

Minyak dan kotoran yang menempel di rambut juga bisa berpindah ke wajah dan menyebabkan jerawat. Maka dari itu, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan rambut dengan keramas teratur. Selain itu, rapikan poni dengan jepit agar tidak menempel langsung pada kulit wajah.

  • Hindari penggunaan make up yang terlalu berat

Berbagai kandungan bahan kimia yang ada di dalam kosmetik bisa menutup pori-pori kulit. Maka dari itu pilihlah bedak dan foundation yang berbahan ringan serta sesuai jenis kulit.

Berhati-hatilah memilih produk kosmetik
Berhati-hatilah memilih produk kosmetik
  • Hindari penggunaan sunblock yang terlalu berminyak

Sunblock memang penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Tapi, pilih sunblock yang tidak terlalu berminyak karena bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

  • Hindari stres

Stres juga bisa memicu jerawat. Maka dari itu, hindari stres dan perbanyak kegiatan positif yang bisa membangkitkan kebahagiaan.

Untuk penggunaan obat-obatan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk menentukan obat dan perawatan yang dipilih tergantung tingkat keparahan jerawat yang Anda derita.

Share This Article